Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Web Usability -- Kajian SepatuMurah.net (Bagian 2 dari 4)

Postingan ini merupakan Tugas Akhir dari Mata Kuliah Interaksi Manusia Komputer Departemen Ilmu Komputer IPB. Postingan ini akan mengkaji situs Sepatumurah.net dari segi usability, user experience, dan user interface. Kajian ini saya bagi menjadi 4 postingan pada Categories Human Computer Interaction.
Bagian ke dua ini, saya akan mulai menjelaskan tentang web sability, user experience, dan user interface, . Baiklah seperti biasa kita harus tahu dulu apa itu Usability.?   :-D :-D :-D

==Usability
adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa mudah seseorang menggunakan sebuah tool untuk mendapatkan tujuan tertentu. Sedangkan Web usability merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah web. Sebagian besar proses pengembangan web hanya akan terfokus di konsep usability. Usability merupakan atribut kualitas yang menunjukkan seberapa mudahnya user interface di gunakan.

Usability juga mengacu pada metode untuk mengimprove kemudahan penggunaan selama proses perancangan. Sebuah web dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya. Seperti dikutip pada  Prioritizing Web Usability : Usability is a quality attribute relating to how easy something is to use. More specifically, it refers to how quickly people can learn to use something, how efficient they are while using it, how memorable it is, how error-prone it is, and how much users like using it. If people can't or won't use a feature, it might as well not exist (Jakob Nielsen, 2006).
Secara ringkas Web Usability digunakan agar:
  1. Web menjadi lebih efektif dan efisien digunakan.
  2. Mempunyai utility yang baik.
  3. Pengguna tidak perlu mempelajari web terlebih dahulu.
  4. Pengguna dapat mudah mengingat bagaimana cara penggunaannya. Menghindari kebingungan yang akan dialami pengguna.
  5. Web juga menjadi lebih aman.

Usability didefenisikan melalui lima komponen, yaitu :
a. Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task dasar  ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
b. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah mereka mempelajari hasil perancangan.
c. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
d.Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan terhadap error dan cara memperbaiki error
e. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.

Menurut Jakob Nielsen dalam bukunya  Prioritizing Web Usability terdapat dua belas hal yang harus diperhatikan dalam membangun sebuah website, yakni :
  1. Nothing to Hide
  2. The Web User Experience
  3. Revisiting Early Web Usability Findings
  4. Prioritizing Your Usability Problems
  5. Search
  6. Navigation and Information Architecture
  7. Readability & Legibility
  8. Writing  for the Web
  9. Providing Good Product Information
  10. Presenting Page Elements
  11. Balancing Technology with People's Needs
  12. Design That Works

==User Experience
User Experience merupakan salah satu faktor yang harus di pertimbangkan oleh sang pengembang web. Bagaimana cara agar user mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan efektif sehingga mereka tidak merasakan frustasi, bosan,dan terganggu ketika mereka sedang masuk dan memakai suatu website. Seberapa cepat mereka mempelajari website yng dikunjunginya. Hal tersebut ditentukan dari beberpapa faktor seperti : 
  1. Bagaimana sebuah web didesain sesuai dengan keinginan/tujuan awal.
  2. Kemampuan dan keterbatasan web.
  3. Isi dan tampilan web.
  4. Fungsionalitas website.
Sebuah website yang baik haruslah mempertimbangkan dan memperhatikan para pemakainya. Maksudnya dalam hal desain dan perancangan web tersebut haruslah disesuaikan dengan target para pengunjungnya. Mereka harus menentukan tingkat kemudahan dalam pemakaian website mereka sesuai dengan target pengunjung. Dalam pembagiannya User experience terbagi menjadi 3 tingkatan yaitu beginners, intermediate dan expert. Desain dari sebuah web sebaiknya fokus pada pengguna dengan tingkat kemampuan intermediate.

==User Interface
User Interface adalah bagian dari computer dan softwarenya dimana orang dapat melihat, mendengar, menyentuh, berbicara, atau mengerti. User interace memiliki dua komponen penting, yaitu input dan output. Input adalah bagaimana orang mengkomunikasikan kebutuhannya atau keinginannya ke computer. Contoh input adalah keyboard, mouse, trackball, one’s finger (untuk touch-sensitive screens atau pads), dan one’s voice (untuk spoken instructions). Output adalah bagaimana komputer menyampaikan hasil dari komputasi dan persyaratan kepada user.Contoh dari mekanisme output adalah display screen.

User Inteface adalah bagian yang paling penting dari sistem komputer. Tujuan dari user inteface adalah untuk membuat orang bekerja dengan komputer dengan mudah, produktif, dan menyenangkan. Desain interface yang layak akan menyediakan gabungan desain yang bagus dalam mekanisme input dan output sehingga dapat memuaskan kebutuhan user, kemampuan, dan batasan dalam jalan/cara yang paling efektif yang dimungkinkan. Interface yang paling baik adalah interface yang “tidak disadari”, interface yang mengijinkan/ membimbing user untuk fokus kepada informasi dan task yang dilakukan, bukan kepada mekanisme yang digunakan untuk menampilkan informasi dan melakukan task. Oleh karena itu, perancang website dituntut untuk bisa merancang interface website sebaik mungkin agar  tujuan dari pembuatan website bisa tercapai.

Pada postingan selanjutnya (Bagian 3 dari 4) saya akan mengkaji sisi Usability, interface, dan user experience pada Sepatumurah.net

Tetap pantau blog ini yah.. :-P :-P:-P

3 Komentar:

Ira_Nurazizah said...

sangat sederhana sekali, agak pusing ya, karena seperti hanya memakai tab saja untik membedakan jenis produknya,
ribet scrolling terus... hehehe
Ira Nurazizah (G64070015)
https://iran07.student.ipb.ac.id

woroindriyani said...

to ini apa sih kok teori ulasan tentang web nya mana?

Admin said...

@woroindriyani

blum bertahap yak... lihat yang postingan ke tiga.. hehhe

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}