Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Menghemat Baterai di Xperia X8

Hai sobat blogger, apa kabarnya semua.??  Udah seminggu nih sejak postingan terakhir. SpiderWeb nya google bakalan males nih mendeteksi blog kita. Tapi mau gimana lagi, sebagai mahasiswa momok Ujian (Tengah Semester/Akhir Semester) tetap berasa. Jadi, saya memilih untuk fokus dulu ke Ujian dan nyolong - nyolong update nih pas weekend. Karena masih bulan oktober, maka postingan saya  masih seputar tentang android nih. Ga ada alasan khusus sih. Tapi mumpung masih ada ide nya. Hehehe :-P

Oh iya, enjoy the show juga buat sahabat blogger yang hari ini berkesempatan hadir di Pesta Blogger 2010 nanti bagi - bagi ceritanya dan live report dari sana.

Okay kali ini mau share tentang cara menghemat baterai di Xperia X8. Sudah menjadi rahasia umum kalau ponsel - ponsel pintar memang memakan daya baterai lebih banyak karena fiturnya yang melimpah. Tetapi kita sebagai pemilik HP bisa menyiasatinya. Kita bisa memilih aplikasi dan fitur mana yang benar - benar kita btuhkan. Berikut beberapa tipsnya :

1. Download software Advanced Task Manager atau Task Manager dari Apollo Software (dari Market). Aplikasi ini berfungsi seperti task manager di Komputer desktop atau Notebook. Pilih dan matikan aplikasi yang tidak berguna.

2. Setting jaringan dari 3G ke 2G. Gunakan 3G pada saat online saja. Bila menggunakan jaringan 2G baterai bisa lebih hemat hingga 25%.

3. Atur Brightness layar, biasanya sudah tersedia widgetnya. Atur menjadi redup agar baterai lebih hemat.

4. Masuk setting - Sound & display - matikan orientation (jadi ga bisa auto-rotate). Ini bantu hemat baterai juga . Animasi juga bisa dimatikan. (tapi saya ga suka option ini, karena Smarthphone tanpa orientation berasa ada yang kurang.)

5. Masuk setting - wireless control - mobile network settings, kemudian hilangkan centang pada MMS dan Data. Ini akan memutus jaringan GPRS sehingga menghemat baterai juga.

6. Gunakan Helix Launcher (download dari market) bila dirasa perlu.


7. Ini yang khas pada seri Xperia, ada fitur Timescape yang mengakomodir message, email, status twitter, dan facebook pada satu widget. Update untuk timescape di setting lebih lama (ada pilihan 15menit, 30menit, 1 Jam, 3 Jam atau Manual). Setiap kali update timescape, perlu koneksi internet untuk refresh status. Di jamin mengurangi konsumsi baterai anda.


Kalau ada pertanyaan atau ingin sharing seputar android bisa gabung di sini  atau masuk ke forum yang Indonesianya. Sekian dulu ya sobat, salam persahablogan...





6 Komentar:

oRiD™widget said...

gan..
bisa bantu?
kok X8 saya gak bisa connect internet?

thx

titoHeyzi said...

yuppsss.....
maaf yak lg jrg online kmaren.

ga koneknya gmana??? udah coba pake wifi ga? klo bisa brarti setting gsm atau setting mobile networksnya ada yg salah.

tapi klo d wifi juga ga bisa, mngkin masalah software, minta upgrade atau flash aja d SEC.

Free dan lumayan kyak baru lagi. Itung2 bersihin debug. tapi jgan lupa dibackUp dulu kontaknya.

oRiD™widget said...

ntah lah..
pake nomer IM3 baru mau konek..
tapi pake nomer lama (Roaming) gak tau kenapa gak bisa konek..
pake wifi belum coba..
masih binun sama settingan mobile net nya.. khan otomatis aja tho?

di tempat saya skrg gak ada SEC,
maklum bukan di kota besar..
*tapi bangga banget jadi satu2nya orang yang pake X8.. xixixixi..*

titoHeyzi said...

@orid memang untuk beberpa penggunaan android, im3 ga support. Saran saya ga perlu ke SEC cukup ke gerai Indosat dan minta updgrade kartu. Hanya dikenakan biaya sebesar 10-15rb. jadi ga perlu ganti nomor.

Wah senengnya yg pake android, selmat berkarya menggunakan android.

Willem said...

Tipsnya sangat membantu mas.
Saya udah coba semuanya, x8 saya nyala mulai jam 5 pagi kemarin, hari ini masih 50%. Padahal pemakaian normal. Cuman agak repot dikit, kalo mo facebook-an ato cek email harus nyalain gprs dulu, tapi gpp yang penting hemat, trus kalo pas lagi tidur saya pake mode pesawat jadi hpnya mati suri.........

M. Donny Alfian said...

gan x8 saya ko gabisa konek wifi rumah saya yah?? tapi tempat wifi lain bisa

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}