Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

IPB - GIScience Workshop with Dr. Shahnawaz (Salzburg University)

Bogor on 30/31 October 2011, the Department of Computer Science, Bogor Agricultural University held a workshop about the science of GIS with Dr. Shahnawaz from Z_GIS as a speaker. He gave lessons on ArcGIS and describes the GIS for Environmental Management and its application in Indonesia.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Di penghujung Oktober kemarin tepatnya pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2011. Departemen Ilmu Komputer IPB tempat saya kuliah disibukkan dengan sebuah event berupa Workshop dan Studium General. Kali ini Workshop dan Studium General diadakan selama dua hari, dengan tema GIS (Sistem Informasi Geografi). Untuk speaker/pembicaranya adalah seorang dosen sekaligus direktur UNIGIS untuk wilayah Asia bagian selatan dan Tenggara, Dr. Shahnawaz dari Universitas Salzburg Austria

Kebetulan tema kali ini bersinggungan dengan topik skripsi yang sedang saya kerjakan, alhasil pembimbing tercinta langsung menugaskan saya untuk "wajib terlibat" dalam kegiatan kali ini. Yuups selamat tinggal weekend tenang diakhir Oktober, saya dan beberapa teman satu bimbingan ikut membantu dari proses persiapan sampai selesainya acara ini. ( nb :Paragraf satu ini khusus curhat colongan :p )

Seksi sibuk nih, :p

Baiklah sebelumnya saya jelaskan apa itu GIS atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut Sistem Informasi Geografis. GIS adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, adalah sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya dan data sebagai bagian dari sistem ini. (Wikipedia.com).

Tidak hanya sahabat yang berdisiplin ilmu Computer Science yang memanfaatkan teknologi ini, GIS digunakan di bidang penelitian spasial seperti geografi, konservasi wilayah, ekowisata, analisis landscape dan perkotaan, investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi perencanaan rute sampai dengan bidang pertanian untuk pemetaan wilayah pertanian. Misalnya, SIG bisa membantu perencana untuk secara cepat menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang membutuhkan perlindungan dari polusi. Jadi workshop ini diperuntukan untuk semua disiplin ilmu yang memanfaatkan informasi spasial.

Pada workshop kali ini, Dr. Shahnawaz mengenalkan teknologi GIS menggunakan software ArcGIS. Tetapi beliau menekankan kalau dalam mempelajari GIS science bukanlah dari cara menggunakan ArcGIS, melainkan konsep spatial dan geografis itu sendiri. Dari 4 sesi yang dilakukan, 3 sesi diisi dengan pehaman konsep tentang GIS science. Intisari yang dapat saya tangkap adalah GIS terdiri dari tiga bagian, yaitu : Science/Concepts, Tools/Methods dan yang terakhir adalah Problem/areas.


ArcMap salah satu fungsi di ArcGIS

Beberapa hal yang membuat saya tertarik adalah workshop ini menggunakan bahasa Inggris, kebetulan speaker Dr. Shahnawaz pun tidak mengerti bahasa Indonesia. Sehingga semua proses komunikasi dilakukan dengan bahasa Inggris. Jadi, selain mendapatkan ilmu dibidang GIS saya juga bisa sekalian melatih kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris. Lumayan loh melatih bahasa Inggris kita langsung dengan native speaker.

Di hari pertama workshop Dr. Shahnawaz sebagai pembicara tidak hanya sekedar memberikan ceramah didepan, tetapi beliau rajin berkeliling ruangan untuk bertanya satu persatu kepada peserta workshop. Cara seperti ini yang saya suka dari seorang pembicara, dia peduli apakah peserta seminar mengerti dengan apa yang disampaikan. Walaupun kendala bahasa terjadi untuk beberapa peserta tapi hal itu tidak menghalangi proses seminar. Beliau kerap kali menggunakan beberapa bahasa isyarat untuk memperjelas maksudnya. 




Penjelasan Konsep

Sharing dan tanya jawab dengan Dr. Shahnawaz

Dan kesempatan yang saya tunggu pun datang juga, saya berdiskusi langsung dengan Dr. Shahnawaz tentang projek akhir yang saya lakukan. 

Tanya jawab saya dan Dr. Shahnawaz

Kegiatan workshop dimulai dari konsep sampai pengenalan fungsi - fungsi ArcGIS. Kegiatan berlangsung dari jam 9am - 5pm. Untuk workshop kemarin saya meggunakan data percobaan peta daerah sumatra bagian selatan (Jambi dan Palembang). Lumayan juga kan sob, seharian di tempat workshop. Tapi demi pengalaman dan ilmu itu terbayar sepertinya.


Data contoh untuk latihan ArcGIS.

View dari ArcCatalog

Hari kedua (31 Oct 2011) dilanjutkan dengan Stadium Generale/Kuliah umum dari Dr. Shahnawaz. Hari ini full membahas konsep, metode, riset yang telah dicapai, pengaplikasiannya pada daerah Indonesia..


kuliah umum dengan Dr. Shahnawaz





Sesi tanya jawab dengan Dr. Shahnawaz

Dan terakhir tentunya ditutup dengan sesi photo - photo. Ternyata pak Shahnawaz ini narsis juga, dia loh yang minta photo - photo. Ga apa pak, kita juga mau buat kenangan2. Hha

Foto Bareng selesai SG.

Yg ini foto bareng panitia, kebagian dibawah ga apa deeh..

Okey deh, mungkin sekian dulu liputan kegiatan weekend kemarin. Hari ini, di bulan November kembali menjadi kuli skripsi. Go..go..go.. fight lagi... Oh iya sekedar informasi buat temen2 dari ITB rencananya Dr. Shahnawaz juga akan berkunjung ke Bandung tanggal 10 November nanti. Jadi buat sobat yang mau ikutan seminarnya juga bisa ke bandung sekitar tanggal 10 November.


Contact Dr. Shahnawaz.



7 Komentar:

John Terro said...

ini juga lagi jadi bahan TA nya temenku om :P

silviani yuliasari said...

iyaaa, senang sekali membahas geografi wilayah luar negara Indonesia langsung dari pakarnya :)

sebenarnya ngantuk banget saat itu karena kebetulan dari pagi sudah ada kuliah dan belum sarapan, tapi tetap tidak menyurutkan semangat untuk datang ke SG :)

tito Heyziputra said...

@JT : oh gitu ya bang, bnyak sih yg bisa dikembangin dari sini, tergantng dr disipilin yg mana..

@sisil: hhha, k2 udah dr hari minggu nya. Ya smngatlah masih muda kan, hhe

NuellubiS said...

jadi gimana oom project akhirmu setelah mendengar penjelasannya si bule? :p

tito Heyziputra said...

@nuell: hahahahahaa ada pencerahan sdikit,, lo gmn sob dah beres jg?

woro indriyani said...

tsaaaah mendiskusikan peta Jambi banget to? hehehe sukses to semoga cepet kelar penelitiannya amiin

tito Heyziputra said...

@woro: kebetulan peta jambi woo.. hhhha. Thanks ya..

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}