Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Web Usability — Kajian SepatuMurah.net (Bagian 3 dari 4)

Postingan ini merupakan postingan ketiga dari 4 bagian kajian Web-Usability-Kajian-Sepatumurah.net. Dilihat dari fungsi yang ada, website ini memiliki fungsi komunikasi, fungsi komersil  dan fungsi informasi. Fungsi komunikasi bisa dilihat dari adanya icon chating yang mengintegrasikan yahoo-messenger ke dalam web tersebut. Walaupun hanya status online atau tidaknya sang webmaster. Fungsi informasi yang dimaksudkan disini adalah fungsi informasi harga barang dan tata cara pembelian barang pada website ini. Sedangkan fungsi komersil, berdasarkan nama web-nya, situs ini menjual secara online harga dan bentuk sepatu yang akan mereka tawarkan kepada user.
Berikut saya tampilkan kembali gambar halaman utama dari website ini. Gambar saya menjadi 4 bagian karena satu page sangat panjang.


Dari gambar diatas bisa dilihat kalau situs ini tidaklah memenuhi kaidah atau syarat dari sebuah web. Faktor usability sangat kurang diterapkan. Web ini tidak memiliki halaman lain, kecuali halaman home (homepage). Halaman sendiri dibuat sangat panjang. Sehingga merepotkan user untuk melihat keseluruhan dari isi web tersebut. User harus melakukan scroll pada mouse berkali – kali agar seluruh web terlihat. Lihat gambar dibawah ini.


Web sepatumurah.net tidak mempunyai header khusus pada webnya. Hanya berupa tulisan nama dan slogan web. Web ini tidak mempunyai logo dan sebagai jati diri webnya, karena logo memberi tahukan kepada pengunjung tentang web yang sedang dikunjungi. Tata letak pada webnya pun berantakan. Tidak adanya fungsi menu barpada website ini. Terlihat setelah judul web, langsung berisi info dari web tersebut, dan di ikuti oleh informasi chatting yang di letakkan di center web. Lihat gambar dibawah ini.



postingannya di cut dulu yah, lupa kalau belum makan.. Hehhehe
Selanjutnya pada Web Usability — Kajian SepatuMurah.net (Bagian 4 dari 4), pantau terus blog ini yah..

6 Komentar:

Nadea said...

Pertama ngelihat website itu, buset banyak banget space kosong dan sangat tidak jelas sebenarnya itu situs untuk apa meskipun dari namanya sepatu.net.

Seperti yang kamu bilang, terlalu banyak scrolling dan sangat membosankan dengan warna yang monoton. Gambar sepatu yang dicantumkan terlalu besar dan tidak efisien. Terlihat kalau pembuatan website-nya asal-asalan. Padahal laku tidaknya produk itu sangat tergantung dari tampilan webnya.

Nice post, keep writing ya.. :)

http://www.nadeea.co.cc/
http://nadeae07.student.ipb.ac.id/

heyitsMade said...

terlalu banyak scroll..
tapi jika ada yang benar-benar niat mencari sepatu sepertinya hal tersebut bukan masalah. Tapi untuk orang yang hanya sekedar berkunjung akan merasa bosan dan cenderung tidak akan melanjutkan browsing.

Anonymous said...

Pada halaman resep, saat melakukan scrolling, terdapatnya ruang kosong (whitespace) yang sangat besar terbuang sia-sia pada bagian tengah halaman.Sebaiknya penggunaan scrolling pada Web ini dihilangkan saja karena kemungkinan hanyasebagian kecil pengguna yang akan melakukan scrolling pada halaman-halaman di Web ini.

si.adii said...

terlalu banyak scroll, jadi info yang di dapet kepotong dan mungkin user akan males untuk ngescroll, jadi infony malah ga sampai...

nice post btw.. =)

si.adii said...

terlalu banyak scroll, jadi info yang di dapet kepotong dan mungkin user akan males untuk ngescroll, jadi infony malah ga sampai...

nice post btw.. =)

https://amulyadi08.student.ipb.ac.id/

si.adii said...

terlalu banyak scroll, jadi info yang di dapet kepotong dan mungkin user akan males untuk ngescroll, jadi infony malah ga sampai...

nice post btw.. =)

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}