Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Malam ini !!! - Gerhana Bulan Total terlama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, menyatakan peristiwa Kamis dini hari nanti berpeluang menjadi salah satu gerhana bulan total terlama sepanjang sejarah. "Lamanya saat total sekitar 100 menit karena posisi bulan nanti dekat dengan pusat bayangan bumi," ujar Thomas.

Ia menjelaskan, lama gerhana bulan total memang bergantung pada pertama, jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi, dan kedua, jarak bulan terhadap bumi.

Secara umum, kata Thomas, tidak ada dampak signifikan dari gerhana bulan tersebut. Salah satu yang mungkin akan menarik perhatian adalah kemungkinan pasang air laut maksimum. "Hal tersebut terjadi karna posisi bumi, bulan, dan matahari hampir berbentuk garis lurus. Efek gabungan ketiganya adalah pasang maksimum," ujarnya.


google.com

Gerhana bulan total nanti bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali. Hanya saja khusus untuk masyarakat yang tinggal di wilayah Papua tidak akan bisa melihat fase akhir dari gerhana bulan total karena saat itu sudah pagi. "Namun dari wilayah Indonesia barat hingga tengah akan bisa menyaksikan seluruh fase dari gerhana tersebut," kata Thomas.

Dari info yang saya dapat Gerhana bulan total akan terjadi pada 16 Juni dini hari dan bisa disaksikan dari seluruh wilayah di Indonesia. Di Indonesia bagian barat, proses gerhana akan dimulai pukul 01.25 hingga 05.04 WIB. "Bulan akan mulai tertutup pukul 02.25 dan totalnya pada 03.14 WIB. Jadi, klo yang suka bergadang, jangan dilewatkannya jarang - jarang fenomena seperti ini.

Sumber: http://id.berita.yahoo.com/kamis-dini-hari-salah-satu-gerhana-bulan-terlama-135541251.html

nb: akhirnya bisa topUp modem juga hari ini, setelah puasa 3 mggu lebih.
untuk pemanasan repost dari Yahoo news dulu deh,, (alasan, padahal memang lagi ga ada ide).
Salam blogger.

7 Komentar:

John Terro said...

wah .... asyik ... pengen lihat juga nih

Brigadir Kopi said...

waw mas makaish infonya kebetulan emang saya gak pernah tidur kalo malem tapi gak tau infonya nih ... thanks yah

Accilong said...

yoha, pagi2 sy juga dapat sms dri kawan ttg ini, pas ngecek yahoo ternyata emang betul. kayaknya bolehlah menunggunya malam ini.

slam kenal. :D

tito Heyziputra said...

@JT iya bang hayoo kita liat

@brigadir kopi: mantabh sob, senang klo bisa berbagi

@accilong: salam kenal, trims udah maen ksini,, mluncur kt4 kamu..

YeN said...

wah jamnya tanggung banget..ga enak keluar sendirian jam segitu :(

Gaphe said...

waah jam segitu kayaknya ngorok saya udah pada desibel paling kenceng To.. kenapa siih, gerhana bulannya kejadian selalu malem hari.. coba kalo siang aja. *ditoyor rame-rame*

John Terro said...

tapi aku kecolongan
aku bangun jam 03.05
tidak sempat lihat yang full

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}