Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Web Usability — Kajian SepatuMurah.net (Bagian 4 dari 4)

Akhirnya sampai juga pada akhir postingan, ini adalah kajian terakhir dari situs sepatumurah.net silahkan disimak...







Pada website menu dibuat dengan berbagai jenis, sebagai berikut :

  • Menu berbentuk button pada bagian atas.
  • Menu yang pulldown yang terletak pada bagian kiri halaman website.
  • Navigasi lain yang berbentuk link
Kemudian kita lihat pada bagian tengah website ini, terdapat beberapa link ke website lain.Link dimaksudkan seperti menu atau pilihan pada sebuah web. Berisi informasi barang atau jenis sepatu apa saja yang dijual pada website ini. Tetapi karena web ini tidak mempunyai halaman lain sehingga hanya dibuat beberapa link ke situs lainnya. Jadi seharusnya web ini membuat sebuah menu bar sebagai petunjuk dan guide, link hanya navigasi tambahan saja.  Lihat gambar berikut ini… 



berikut saya tampilkan situs yang muncul jika user meng-klik link diatas, tidak seperti pada menu bar yang akan di link ke fungsi atau halaman berikutnya..



Kajian berikutnya adalah gambar, karena dalam website berperan penting dalam keindahan website tersebut, jika suatu website hanya memiliki teks tanpa gambar dan ikon, tentunya akan sangat membosankan untuk dilihat dan juga kemungkinan untuk dijauhi pengunjung. Selain itu, gambar dapat digunakan sebagai presentasi suatu produk sehingga pengunjung akan lebih cepat dalam pencarian apa yang mereka inginkan.
Permasalahan yang dijumpai setelah peletakan menu pada bagian tengah web, admin menaruh gambar atau preview dari barang dan informasi harga dari sepatu yang akan ditawarkan kepada user. Tetapi peletakan ini tidak di kelompok menjadi beberapa bagian atau dibuatkan lagi sebuah link untuk melihat daftar dari sepatu, melainkan di taruh seluruh pada homepage. Sehingga jika user memiliki koneksi internet yang tidak bagus, akan sangat lama untuk meload semua gambar secara utuh pada home page.



Kekurangan lain pada blog ini adalah pada Searching, Bahasa, pemilihan dan warna font.uKarena web ini mempunyai fungsi utama sebagai web komersil untuk melakukan transaksi jual beli, web ini tidak di lengkapi dengan fungsi search. Karena searching merupakan salah satu fitur yang harus ada pada sebuah website. Fitur searching akan memudahkan pengguna untuk menemukan informasi tertentu yang ada di web dengan mudah dan cepat. Pengguna hanya memasukkan beberapa kata sebagai kata kunci dan sistem web akan menampilkan halaman hasil yang sesuai dengan kata kunci.
Pemilihan bahasa yang dilakukan pun tidak baku.Karena pemilihan bahasa yang digunakan dalam suatu situs web sebaiknya menggunakan bahasa baku ataupun bahasa yang sudah biasa digunakan pengguna komputer atau bahasa yang sudah familiar di dunia website. Bahasa yang digunakan pada website ini menggunakan bahasa ”gaul” anak muda sehari – hari.
Untuk masalah warna sudah memenuhi dalam hal jumlah warna, seperti yang saya kutip dari buku Wilbert O.Galitz. bahwa warnajuga sebaiknya tidak terlalu beraneka ragam dalam satu halaman web. Jumlah jenis warna maksimal dalam satu halaman web yang dianjurkan adalah empat warna. Tetapi pemilihan warna pink yang saya bingungkan, seharusnya website komersil lebih menambahkan warna yang cerah dan bersemangat sehingga orang tertarik dan betah untuk berlama – lama pada website yang kita buat. Karena pink seharusnya dalam kategori warna merupakan warna lembut yang lebih cock untuk ibu – ibu hamil atau situs – situs yang berkaitan dengan kehidupan wanita.

 Sekian kajian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat..

nb: lihat juga pada tito's academic blog.





7 Komentar:

Erna Piantari said...

Wah....
UI nya sederhana banget ya.
Kira2 pengaruh omset penjualan produknya berpengaruh ga ya dengan adanya website tersebut?????

Erna Piantari said...

Wah....
UI nya sederhana banget ya.
Kira2 pengaruh omset penjualan produknya berpengaruh ga ya dengan adanya website tersebut?????

Erna Piantari said...

Wah....
UI nya sederhana banget ya.
Kira2 pengaruh omset penjualan produknya berpengaruh ga ya dengan adanya website tersebut?????

meystar said...

jika terdapat kekurangan pada user usability maka akan terjadi penurunan nilai user experience dan user interface tentunya,,,

Adhitya G266 said...

simple yah

Adel said...

Simple banget webnya...

Adelina P.H
http://adelinap07.student.ipb.ac.id
http;//adelfavblog.blogspot.com

Alfian Prayanta said...

itu webnya html doank isinya...terkesan kaya iklan semua kontenya

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}