Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Menikmati Keindahan Pulau Berhala

Dari postingan sebelumnya kita sudah tahu sejarah Jambi dan bagaimana cara untuk mencapai Jambi. Nah sekarang saatnya kita meng-Explor wisata apa saja yang ada di Jambi. Di Jambi terdapat beberapa pilihan seperti Wisata Alam, Wisata Sejarah/Budaya, Wisata Belanja dan yang terakhir favorit saya adalah Wisata Kuliner. Baiklah kita mulai dari Wisata Alam terlebih dahulu dan saya putuskan kita mulai dari daerah paling timur di Jambi. Di ujung timur Jambi merupakan daerah Coastal and Marine Tourism, karena daerah ini lah yang berbatasan langsung dengan selat Malaka. Yuuk mari kita mulai jalan - jalannya.. Bismillah..


Indonesia-tourism.com

Tujuan wisata kita adalah wisata bahari Pulau Berhala. P. Berhala adalah Pulau yang eksotis dengan keindahan pasir putih dan batu - batu vulkanik yang besar di sepanjang pantainya. Pulau Berhala terletak di bagian utara Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi dengan posisi 00•51′30” Lintang Selatan dan 104•24′18” Bujur Timur. Kalau sobat sudah pernah lihat keindahan P. Belitong (Laskar Pelangi), Jambi juga punya daerah wisata seperti itu dan Pulau Berhala lah tempatnya. Diatas bukit pulau ini terdapat makan Datuk Paduka Berhala yang merupakan Raja Jambi yang berasal dari Turki. Selain itu ada meriam kuno juga yang terdapat di Pulau ini. Sayangnya promosi Pulau ini belum segencar P. Belitung, mungkin nanti kalau ada yang syuting film di Pulau ini namanya akan semakin terkenal.


buletininfo.com

P. Berhala berada di Kab. Tanjung Jabung Timur dan untuk mencapai kesana kita harus menyewa kapal untuk menyeberang dari Kota Nipah Panjang. Route perjalanan dan estimasi harga dari kota Jambi sudah saya list, ini merupakan harga kisaran dari beberpa ekspedisi kesana.

Route dari Jambi :

1. Jambi – Suak Kandis (2 Jam) Ongkos ± 15rb (Menggunakan mobil carteran).
Suak Kandis merupakan salah satu jalur air untuk menuju Nipah Panjang (pelabuhan kapal menuju P. Berhala). Hal ini dikarenakan jalur darat sedang rusak parah, pemerintah kurang tanggap akan hal ini.. T_T

2. Suak Kandis – Nipah Panjang (1 Jam 20 Menit) Ongkos ± 40-50rb.
Dari Suak Kandis kita bisa menyewa speedboat menuju Nipah Panjang. 1 speadboat hanya bisa dinaiki oleh 9/10 orang. Selama perjalanan kita disuguhi pemandangan hutan dan Sungai Batang Hari yang merupakan sungai terpanjang dipulau Sumatera. Jangan heran dengan warna air sungai Batanghari yang coklat seperti ini, sungai Batanghari memang terkenal dengan kandungan lumpur yang tinggi.

perjalanan menuju kota Nipah Panjang

http://www.flickr.com/ by tsbahri

Sampai di Nipah Panjang kita bisa istirahat dan makan siang sambil menyusuri perkampungan kecil salah satu kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Di Nipah Panjang inilah kita mencari Kapal Besar (Pompong) untuk menumpang ke P. Berhala. Satu kapal bisa menampung sampai 30 orang.

3. Nipah Panjang – Pulau Berhala (3 jam) Harga sewa ± 1.5 jt  P/P  kapasitas sampai 30 orang.
Di perjalan dari Nipah Panjang ke P. Berhala kita akan diikuti oleh beberapa ekor burung camar yang mencari makan ikan2 kecil dibelakang kapal. Ada sebuah mitos kita tidak boleh menunjuk arah atau lokasi P. Berhala walaupun Pulau tersebut sudah terlihat. Karena jika salah satu dari kita menunjuk ke arah Pulau maka perjalan akan menjadi jauh. Percaya tidak percaya Sebenarnya dari kejauhan kita sudah dapat melihat Pulau Berhala tapi pulaunya seakan menjauh saat kapal berusaha untuk mencapainya.


P. Berhala dari Kejauhan.

P. Mercusuar

Pulau berhala dikelilingi beberapa pulau kecil yang tidak berpenghuni, diantaranya ada Pulau Penyu yang dijadiin tempat penyu bertelur pada musimnya dan pulau mercusuar.  Di Pulau mercusuar ada sebuah mercusuar berdiri kokoh sebagai panduan bagi kapal yang melayari selat Berhala karena pulau Berhala dikelilingi oleh sekelompok pulau-pulau kecil.


salah satu Darmaga di P. Berhala

Sekali lagi, saya sedikit kecewa dengan kondisi darmaga yang ada. Ada dua darmaga di Pulau Berhala tapi kondisi keduanya tidak jauh beda. Masih perlu perhatian lebih dari pemerintah. Jangan khawatir masalah penginapan karena disana telah dibangun homestay kecil yang dapat disewa, atau bisa tidur dipendopo yang muat sampe 40 orang. Kita juga dapat bangun tenda dipinggir pantai cuma kalo air pasang siap2 ngungsi. Untuk fasilitas mandi, tersedia banyak sumur kecil yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Ajaibnya walaupun kedalaman sumur cuma beberapa meter, tetapi air yang keluar merupakan air tawar.

Setelah sampai di Pulau Berhala segeralah mencari penginapan, karena perjalan yang cukup melelahkan sudah dilalui dari Jambi. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di P. Berhala ini seperti memancing, snorkling, renang. Bagi yang suka adventure bisa mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki menyusuri pantainya. Tapi kalo air lagi pasang maka kita harus manjat batu karan. 


Sisi lain dramaga di pagi hari.

Untuk yang hobi Snorkling Pulau ini juga memiliki  "hutan akar bahar" yang didalamnya tersedia berbagai jenis terumbu karang (Coral Reef Intertidal dan Middle Reef ) dalam radius 200m dari pantai. Disana terdapat tidak kurang dari 22 spesies karang dan 11 spesies ikan karang


terumbu karang yang belum terjamah


Banyak juga yang bilang kalau P. Berhala ini angker dan banyak mistisnya, ini yang membuat saya sangat sulit mendapatkan izin dari Orang tua ketika ingin berwisata ke Pulau ini. Tapi selepas dari hal itu keindahan alam Pulau ini cukup membayar kontan perjalanan jauh yang harus ditenpuh dari Jambi. Berikut beberapa photo yang bisa di share buat sobat sekalian. Terima kasih buat bang Erwin atas sumbangan photonya. 


Sudut P. Berhala


salah satu sisi pantai P. Berhala

Di bagian timur Pulau Berhala, terdapat batuan tebing curam yang bagus untuk spot foto yang indah. Jadi bagi yang ingin narsis inilah saatnya, jangan lupa membawa batere cadangan buat kamera yaa.. hhe.


 bagian timur pulau batuan tebing curam







Berikut juga ada makam Datuk Paduko Berhalo, yang merupaka orang tua dari Orang Kayo Hitam yang menjadi Raja di Jambi. Mungkin ini adalah salah satu spot mistis di Pulau ini.


Makam Datuk Paduka Berhalo

Zoom dikit

Dan pada bagian barat Pulau ini mempunyai pantai pasir putih yang landai. Pokoknya ga nyesel deh jauh - jauh ke P. Berhala.












Capek jalan - jalan dan maen di pantai, yuk istirahat dulu sambil menikmati Sunset di pantai.. ehhmm indahnya negeri ku, indahnya alam Indonesia.









Bagaimana Indahkan sobat, yuuk kalau liburan tiba kita jalan - jalan ke P. Berhala.. :D

Note :: For Your Information
Pulau berhala di Indonesia ada "dua" yaitu P. Berhala yang ada di Jambi (dalam postingan ini) dan P. Berhala yang di sumatra utara dan pulau ini tidak berpenduduk kecuali TNI. Sempat di jadikan tempat latihan militer. Untuk lebih jelasnya agar tidak tertukar silahkan baca disini >> Link WIkipeida.



Sumber :

18 Komentar:

Ami said...

mengagumi alam... dan hasil potretan... wah, kapan bisa motret kayak gitu ya...

tito Heyziputra said...

@ami: jalan dulu bu, baru dsana kita blajar photo2..
thanks for reading

Penghuni 60 said...

wow, indah bgt ya.. sob, foto yg paling akhir ijin aku ambil ya, cakep tuh bwt wallpaper
:D

Mila Said said...

waaah.... organize semacam tur gitu gih ke Jambi. nanti aku ikutan & sekalian bantuin cariin peserta.. yuuk yuuk yuuk.. ga usah lama2 3 hari 2 malem atau 4 hari 3 malem gitu.

tito Heyziputra said...

@mila:
Klo mw k Berhala ga enak cuma 3-5 orang, smkain bnyak semakin murah kita sewa perahu kak..

3 hari 2 malam cukup utk liburan di Jambi+berhala+candi, ga nyampe k kerinci tapi kak, jarak tempuh lumayan jauh klo ke arah barat.

tito Heyziputra said...

@penghuni60
yoo mkasih sob, dah lama ga dolan kita.
boleh silahkan klo bwt walpaper itu copyright dari temen, tp klo mw d share cantumin link.

Fairysha said...

huaaa...pengen ke sini,,,hampir setaun di jambi belum sempat kemana-mana.... :(

ngumpul2 di sini enak kali yaa... :D

Gaphe said...

sekilas mirip belitong ya To?... keren sunsetnya, bagus banget..

tapi mana foto kamuu??.. hehehehe.

biasanya kan ada kamunya tuh

tito Heyziputra said...

@gaphe: iya bang mirip belitong, kan ini sama2 di selat malaka, geograpic nya sama... Ini photo2 ada dr temen, gw ksana zaman2 smp, photonya ga tau udah pada kmana,, hha

endraoioi said...

bang,
infonya dong tentang penginapan di pulau berhala.
ane mau ke sana, tapi baru pertama x.
jadi takut gak ada tmpt penginapan disana.

makasih gan

tito Heyziputra said...

@endraoi: ada cotedge gitu dsana, tenang aja gan. Sekarang sdah smakin ramai, klo dulu masih bs numpang nginap gratis. kalau skrang harus bayar sepertinya, tp sya lupa kontak nya..

endraoioi said...

makasih gan,
jadi lebih tenang ane mo menuju TKP.
gak takut terdampar gitu.
hehehe...

lukisan bunga said...

indah pemandangannya.. :)

indra said...

usahakan 30org kesana agar lebih hemat...
klu udh 30 org biar saya yg urus...
info lbh lanjut inbox ke FB saya "getaran dii hati"
dari kota madya jambi bisa 4jam langsung ke pulau berhalo..
namun ongkos sedikit lebih mahal..
oh ya....
bajet 600-1jt gak bakalan habis kok (itu kalau anda sudah di kotamadya jambi)

tito Heyziputra said...

@indra:
yuuppps makasih tawarannya indra, mungkin klo ada kanti2 yang mau bisa hubungi indra

Bella Apriliani said...

denger gosip. d p.berhala udh ada pembuatan film bang :D
abis un aku mo kesana liat" . postingan ftony keren nian bang. *clap

tito Heyziputra said...

@bella: ehmmm baru tau juga sih klo gossip itu, tp bisa jadi krena keindahan pulaunya g kalah sm bangka belitung kok bel.

Anonymous said...

WAH keren banget postingannya, keren juga pulau berhalanya,,

keep it up ^^

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}