Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Review for SE Xperia X8 android 1.6 (donut)

Sesuai janji saya kpada sobat gaphe, yang minggu lalu minta ulasan seputar handphone SE Xperia X8 android. Kali ini saya akan mengulas beberapa  pengalaman (klo spec bisa di lihat di postingan sebelumnya) menggunakan android. Yah karena saya juga newbie jadi yang di review adalah yang ada d HP saya saja.


Setelah pemakaian kurang lebih seminggu, HP android ini tidak ada masalah pada software maupun hardware nya. Kartu memory Up to 16GB, dan saya memakai 4GB saja. Setelah 3/4 kartu terisi penuh, kinerja handphone masih oke (ga lemot). Kinerja baterai menurut saya memuaskan, dengan layar full touchscrenn sudah sepantasnya baterai akan cepat habis. Tetapi dengan pemakaian Music player, internet, dan download baterai masih bertahan sekitar 1,5 hari. Untuk menghemat daya disarankan mematikan aplikasi yang tida berguna, caranya memakai aplikasi tambahan seperti advanced task killer, yang bisa d download di Android Market. Semua aplikasi tambahan (mulai dari games, tools, social networking, dan bnyak lagi) bisa di dapat melalui Android Market yang sudah tersedia pada menu HP. Rata - rata aplikasi yang disediakan adalah free, jadi tergantung koneksi internet sobat untuk mendownloadnya.

Salah satu fitur kesukaan saya di HP Android.
Baiklah ulasan diatas adalah general handphone android, sekarang kita bahas secara khusus mengenai performa android yang dibenamkan di Soner Xperia X8 ini. Meski terasa ketinggalan zaman, SE tetap memilih android versi 1.6 (donut) untuk menemani   Xperia X8. 

http://www.trade-in-cn.com/?p=676

Beberapa keterbatasan android ver 1.6 yg saya rasakan tersendiri adalah :
1. Tidak adanya menu send via bluetooth, meskipun HP ini dipersenjatai Teknologi Bluetooth™. Jadi secara default hanya untuk koneksi nikabel dan menerima file kiriman. (kalau kata temen2 d kampus, HP pelit cuma mau menerima ga mau memberi). Hal ini bisa di atasi nanti dengan update android ver2.1 (eclair), tentu saja free selama garansi ada. Cara lainnya dengan mendownload aplikasi bluetooth via Android Market.

2. Tidak adanya fungsi zoom pada camera, jadi kemampuan kamera 3.2 pixel terasa masih belum teroptimalkan

Tadi kelemahan, sekarang kelebihan yang disediakan dari SE Xperia X8..:
1. Sensasi touchsceen yang berbeda memang, ketika kita menggunakan android. Smarthphone tidak lagi "seangker" dulu. Dengan tampilan yang user friendly dan mudah dioperasikan.

2. Adanya fitur Timescape™ dari SE,  memungkinkan semua komunikasi terhimpun di satu tempat. Facebook, Twitter, pesan teks, panggilan tak terjawab - semua terhimpun, jadi Anda tidak perlu membuka banyak aplikasi untuk melihat apa yang sedang terjadi.

Sensasi melayang saat digerakan, seperti saat memilih file di Itunes.
3.  Shortcut empat aplikasi terpenting dari sudut - sudut HP. "Aplikasi navigasi tak tergantikan milik Anda? Musik Anda? Situs baru? Anda memilih yang penting bagi Anda. Pilih saja untuk keemat sudut layar awal Anda. Ganti kapanpun Anda inginkan. Ingin kenyamanan lainnya? Tambah widget dan aktifkan melalui ujung jari Anda, di tengah layar."


 4. BackUp dan Restore aplikasi, pada SE Xperia X8 sudah disediakan features BackUp dan Restore bawaan. Jadi kita tidak perlu lagi mendownload ke android market. Cukup mudah di operasikan, hanya tingga memilih mau memBackUp atau meRestore  data yang dipakai disimpan dan diambil dari memory eksternal. Jadi tidak perlu khawatir jika suatu saat HP anda minta di Install ulang. Data sudah aman.

Itu tadi beberapa kelebihan yang ditawarkan aplikasi bawaan, sekarang kita jajal aplikasi untuk entertainment...
1. Facebook.
FB for android
2. TweetCaster, twitter for android. Sebenarnya TC udah ada buat BB terlebih dahulu, dan bnyak aplikasi twitter buat android, tapi saya paling suka yang ini, sangat friendly hampir seperti ubertwitter nya BB. kasih 5 rated stars deh...
twitter for android

3. Youtube, situs video streaming satu ini memang ga ada matinya. Apalagi di padukan dengan android, cepat bnget bufferingnya. (saya coba di tempat yang kekuatannya sinyalnya sama dengan BB, masih kencang dengan android...)
youtube for android
paduan layat touchscreen membuat video sangat jernih
4. Gmail, Gmaps, GPS, Navigasi, menjadi sekumpulan aplikasi berbasis gps dan google maps. Detail gambar dan kecepatan akses tergantung sinyal provider anda, tapi dengan procesor 600mhz, semua lebih dari cukup. Masih terasa lancar. Saya mencoba melakukan navigator sambil menonton streaming youtube dan download dari android market masih kuat.

5. Games dan hiburan pada bawaan HP (default swaktu membeli ada 4 aplikasi). Kemudian saya iseng mendownload TalkingTomCat yang sedang populer dari Android Market. Jadi ingat seperti zamannya tamagochi dulu, kita memelihara binatang virtual. Bedanya TalkingTomCat bisa meniru kata yang kita sebutkan, persis loh... dan suaranya sangat lucu.

Talking Tom Cat for Android

Jadi secara keseluruhan saya bisa katakan kalau senjata ampuh dari android terletak dari android market. Karena opensource dalam hitungan bulan bnyak sekali aplikasi baru dan terupdate dirilis. Bahkan OS nya pun bisa di Upgrade gratis** (sesuai kemampuan processor vendor dan masa garansi). Selain itu dengan spesifikasi yang begitu canggih, harganya bisa menembus kelas midleEnd. Jadi, jika sobat ada yang berminat mengganti HP bisa beralih dan mencoba android. 

Mungkin sekian dulu dari Tito's Weblog semoga ulasannya tidak membosankan dan bisa bermanfaat, Happy Weekend dan Blogging. Oh iya jangan lupa dan ketinggalan PESTA BLOGGER 2010. Info detailnya silahkan lihat di http://pestablogger.com/


Sumber gambar:
http://www.sonyericsson.com/cws/products/mobilephones/overview/xperiax8?cc=id&lc=id&cid=sem_X8_ID_20101011#view=features_&_specifications
http://www.trade-in-cn.com/?p=676
http://www.androidpolice.com/2010/06/16/sony-ericsson-announces-3-xperia-x8-with-android-1-6-coming-in-q3-2010/
http://www.intomobile.com/2010/08/04/review-sony-ericsson-xperia-x10-mini-and-mini-pro/sonyericsson-minipro-timescape-2/
http://www.xda-developers.com/android/rollemod-v0-1-for-youtube-v1-5-20-froyo-fix/

20 Komentar:

Amanda Putri said...

Huaaaa jadi pengen. Tapi waktu kemaren ke ITC Fatmawati buat tanya-tanya.. banyak yang bilang dah ga ada. Hmm apa sayah yang salah ngomong yaa :(

Djangan Pakies said...

AWW Kang Tito, gimana nih kabarnya. semoga selalu dimudahkan dalam segala urusan.

reviewnya komplit-plit, menjajikan banyak kemudahan. suwun sharenya kang

tito Heyziputra said...

@amanda: iya mbak manda, ga salah kok. Memang sdang langka, karena bnyak yang cari, jadi disimpen kyaknya... hahaha (su'udzon dikit).

@om pakies: waslmkum. wr. wb
om alhmadulilah kabarnya sehat, tapi begini lah nasib mhsiswa tngkat akhir harus menahan hasrat buat internetan. Takut bablas, dan ga selesai skripsi. hehehee... maaf ya aku blum sempat dolan k rumahnya djangan pakies...

John Terro said...

jujur kalo saya sih suka mainin si kucing yang suka niru suara orang itu ... secara aku pernah pinjam Android milik temanku itu :D

Gaphe said...

wooow.. Tito.. kamu ngereviewnya kayak kamu yang nyiptain produknya!. lengkap, enak baca ulasannya.. ada gambarnya lagi. jadi ngerti banget, plus mupeng juga.. liat dipasaran harganya masih tinggi sih.. ~berusaha mencukupkan diri dgn N5800 saya~

ReBorn said...

review udah 2 kali nih. kapan dong bagi-bagi gratis nya? :p

secangkir teh dan sekerat roti said...

tatchskrin ya..?
kok saya agak kurang tertarik dengan yang model seperti itu...

*kurang klassik..
Lho?!

tito Heyziputra said...

@john tero: emang lucu tuh si talking tom cat.. apa lagi d update versi berbayarnya...

@gaphe: wah gan, udah mampir aja k sini. smangat buat komentar pedasnya. N5800 ga masalah, yang penting bisa terkoneksi k dunia maya sob..

@bang raja: yang udah kerja beli sendri donk.. wkwkw

tito Heyziputra said...

@john tero: emang lucu tuh si talking tom cat.. apa lagi d update versi berbayarnya...

@gaphe: wah gan, udah mampir aja k sini. smangat buat komentar pedasnya. N5800 ga masalah, yang penting bisa terkoneksi k dunia maya sob..

@bang raja: yang udah kerja beli sendri donk.. wkwkw

windflowers said...

waahh..keren...
apa kabar tito..? :)

AkuInginPulangDiKalaSenja said...

Asik nih yang punya mainan baru :D

Gimana PB 2010? Jadi ikut?

Nopie Lfc said...

SE Xperia X8
bisa buka file pdf nggak?
dan gimana kualitas musicnya?

hasan said...

ana juga lagi nyari ni HP gan...
nice info gan...ijin copy paste ni artikel buat diposting di grup FB ya gan..
oh iya gabung sini dong gan buat ngeshare X8-nya
http://www.facebook.com/home.php?sk=group_129456967109519&ap=1

eduemon said...

mas,soal xperia x8,bisa baca file word n pdf g??

tito Heyziputra said...

@eduemon: mas maaf yak baru bisa balas.

bisa kok mas, kyak smarthphone laen aja. full of content.
Caranya tinggal download app di android market.

Buat word, excel, dan ppt pake WORDtoGO. klo buat PDF pake beam reader.

klo ga mw pake yg saya sebutin, Bisa yg lain tergantung pilihnya yg mana. selamat mencoba

muhammad said...

bisa g sony ericsson Xperia X8 bisa pake Android versi 2.3 (Gingerbread)?

vivi said...

maaf mas mau nanya..
aplikasi pdf sudah ada di dalam hp nya gk ya??klo download mesti bayar ya mas??kayak BB sata untuk PDF mesti bayar lagi... makasih mas

tito Heyziputra said...

@muhamaad: wah untuk 2.3 saya belum tau, krena baru liat di forum xda dan Android_indo pake ROM froyo, buat GB kurang tahu.. mungkin bisa maen2 xda forum

@vivi: klo buat shakira, skrang paket penjualan sudah v2.1 or eClair, jd d dalamnya udah include office manager, ga perlu donload lagi buat ngebca word,xls,ppt,pdf. Tapi tetap hrus reg.online dulu pertamanya.

Faya Cynantia Kirana said...

bagusan mana sama samsung galaxy mini ya mas?

tito Heyziputra said...

@Faya: klo dilihat skrang, kuartal 3 2011. Mungkin jauh lebih profit galaxy mini. Pertama dengan OS yg lebih maju yaitu Froyo 2.2. Tapi selebihnya sama.

Harga sama2 di kisaran Rp. 1.6jt.
Tapi saya tetep lebih prepare x8, dari bentuknya yg lebih trendy dan ga pasaran. Galaxy mini mirip dengan galaxy 5, samsung corby touchscreen.

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}