Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Beautifull of Coral - My First Snorkeling

Wuuaaaaaa..... Udah mau weekend aja.
Saatnya refreshing dari rutinitas seminggu kemaren. Tapi sebelum itu, saya mau lanjut buat cerita pengalaman terakhir di P. Tidung. Dan sebenarnya ini adalah puncak acaranya... Semoga sahabat ga bosen ya??
Apa sih acara puncaknya, \(´▽`)/  Jeng,,jeng,,jeng.. \(´▽`)/

Yuppss, kayak yang dibaca di judul, alasan pertama orang mau rekreasi ke Kep. Seribu selain melihat pantai nya yang indah adalah menikmati keindahan bawah lautnya, Atau yg dikenal dengan nama kegiatan selam permukaan "Snorkeling". Pokoknya kita bisa menikmati keindahan alam bawah laut, melihat ikan2 unik seperti clown fish atau karang - karang yang indah. Tenang kok, walaupun orang awam pasti bisa,, Yukk kita lihat acaranya.. Selamat menikmati ya sobat..

Di awali dengan hujan yang cukup deras dari pukul 05.30 WIB, saya sudah murung di penginapan. Kenapa tidak, karena hari ini adalah jadwal kita semua mau menikmati Snorkeling. Dari jadwal yang sudah di buat, seharusnya kami satu rombongan sudah harus berangkat ke darmaga pukul 07.00 WIB. Tetapi apa daya, hujan masih mengguyur kawasan Kep. Seribu. Sedikit rawan untuk melakukan kegiatan Snorkeing. (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩). 

Tapi berkat doa yang tidak henti2nya dipanjatkan oleh kurang lebih 75 orang secara serentak dan Alhamdulillah, tuhan mendengarkan doa kami.. (Hhahaha, lebayy). Pukul 08.00 cuaca tiba berubah menjadi cerah dan sangat cocok untuk berangkat snorkeling. Dan tanpa menunggu lama, kami semua bersiap menuju tempat penyewaan alat - alat penyelaman. Perlu sobat ketahui, kita tidak perlu membawa alat2 khusus sendiri. Karena semua peralatan penyelaman tersedia dan sudah sesuai standar penyelaman. Pokoknya kita tinggal sedia badan dan tentunya STAMINA mesti full !!!! jangan lupa sarapan yaa...

ini nih tempat penyewaannya..
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/28/Snorkeling_equipment.jpg

Secara umum kegiatan "Snorkeling" (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam, fins dan snorkel saja. Jadi, jangan membayangkan seperti di film yang melakukan penyelaman menggunakan baju dan tabung oksigen, karena itu namanya Diving (Selam bawah laut). Sedikit informasi alat - alatnya :

1. Masker Selam
Menyediakan ruang udara agar proses melihat dapat berjalan dengan sempurna.

pics by: slide MK. MOBA
from: google.com


Tips memilih masker selam adalah pilih yang modelnya memiliki pandangan yang luas, kedap yang baik dan nyaman, serta rangka yang kokoh dan bervolume kecil. Karena ini semua akan mempengaruhi pemakaian di laut. Tidak bisa ganti - ganti masker di laut, satu orang hanya diberi satu buah. Soo pilih baik - baik sewaktu di tempat penyewaan.

2. Snorkel
Alat bantu pernapasan, peralatan selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di bagian ujung sebelah bawah. Alat ini berfungsi sebagai jalan masuk udara ketika bernapas dengan mulut tanpa harus mengangkat muka dari permukaan air , biasanya terpasang langsung di masker sehingga membantu kita dalam melakukan pernapasan di laut. Kita masih mengambil udara dari permukaan, karena kita tidak menyelam ke dasar.

from: google.com


Tips snorkel, paling utama dalam memilih snorkel adalah "Mouth piece” yang nyaman. Karena ini adalah pintu kita untuk mendapatkan udara. Perlu diketahui, hidung kita tertutup masker, jadi kita bernapas melalui mulut. Siap - siap latihan bernapas menggunakan mulut yaa.. Kayak kita lagi "hidung" mampet.. haha

3. FINS
Kaki katak adalah sepatu karet dengan sirip yang melebar di bagian ujung kaki. Snorkeling bisa saja dilakukan tanpa kaki katak, tapi alat ini bisa menambah daya dorong kaki manusia ketika berenang.

from: google.com
Ini nih, yang sebenarnya ga wajib tapi menurut saya malah penting. Karena tanpa ini, daya dorong terasa lambat, apalagi yang baru pertama kali berenang di lautan lepas, harus kuat melawan arus,, Hehhe. Pilih yang pas dengan kaki, sama seperti memilih sepatu ukurannya 35 - 45. Tergantung ukuran kaki kita, sepatu terbuat dari karet jadi jangan terlalu fokus dengan ukuran sepatu normal. 

4. Pelampung
Ini yang terakhir dan bukan termasuk alat selam dasar, karena hanya untuk pengaman bagi yang tidak bisa berenang. Kalau menurut saya, malah sedikit membuat kita terhambat karena terus terapung di permukaan, tapi bagi pemula mungkin tetap harus pake yaa

from: google.com

Okey, langsung saja kita memilih peralatan buat selam, harus rebutan nih sobat karena rame... Maklum 75 orang satu rombongan.. Hhha.


seragam sermua kyak anak panti, haha


sekali lagi aahh, biar berasa photonya,, :p

Setelah semua mendapatkan peralatan selam masing - masing, saatnya berangkat ke Darmaga. Oh iya, kita melakukan penyelaman bukan di areal P. Tidung melainkan ke arah laut bebas, mendekat ke arah P. Payung. Semua nya masih di kawasan Kep. Seribu. Perjalanan menggunakan perahu motor dengan kapasitas bermacam - macam. Kebetulan saya dapat yang kecil dengan kapasitas 10 orang.

beda lo rasanya kapal kecil, goyang2 asiikkk
asiikkkk, tadinya mw photo ala titanic, tapi satu kapal cow semua ga jadi deh,, haha

Perjalanan menuju areal penyelaman ditempuh selama 30 - 45 menit, tergantung muatan dan kondisi, angin, kapal dan mood kapten,, hahhahaaa.... Selama perjalanan kita bisa menikmati segarnya angin laut. Aroma seefood terasa melewati hidung, gleekk... (lapar sihh, haha). Dan tanpa terasa karena asik photo - photo kita sampai di tempat snorkeling.. Kapal siap - siap menurunkan jangkar..




Untuk gambaran sobat semua, kita semua ada tiga kapal dengan setiap kapal ada satu Kapten kapal, satu ABK, dan satu guide buat snorkeling. Kita berhenti di areal segitiga P. Payung yang karang - karang nya indah dan masih terawat. Karena ada beberapa spot yang sudah rusak karangnya. Memang susah menjaga lingkungan kalau tidak ada kesadaran dari masyarakat dan pemerintah.

Yuukkk, siap - siap buat nyebbbuuuurrrr!!!!!

eeiitss.. photo dulu..

ready for nyemplung,, haha

Sekali lagi di ingatkan ya sobat, bagi yang belum bisa berenang disarankan memakai pelampung, karena beda lo sensasinya tidak seperti berenang di kolam, ga ada pegangannya,, hihiihi..

Jgan malu - malu meminta bantuan guide kalau kesulitan ya teman - teman


Masih sempat photo - photo


woow, ada penampakan tuh dibelakang,, wkwk



Yuukk, setelah selesai photo - photo saatnya kita berpencar mencari spot masing - masing. Siapa yang beruntung bisa liat - liat temennya spongebob, seperti patrick, mrs. Puff, dan hati - hati ya klo ada ubur - ubur jgan dipegang, kalau terpegang ya nasib, ada sensasinya sedikit.. wkwkkw..
Nah untuk mengabadikan keindahan bawah laut, kita menggunakan kamera khusus "underwater". Dari pihak tour guide menyewakan loh, ada tarifnya. Tapi kebetulan ada temen (nissa) yang bawa sendiri jadi ga usah bayar lagi, bisa pinjem buat photo - photo. Lumayan penghematan.. Klo yang penasaran gini nih bentuk kameranya.. ada pelapis seperti kaca kedap air yang melindungi...

ini temen saya, nissa namanya,, asik closeUp nih mbak.. haha

Okay siap liat bawah laut, kemon,, kita intip - intip photonya sedikit. Semoga memuaskan ya hasilnya maklum masih amatiran juga motonya. Susah moto sambil goyang di bawah laut,,, haha


test sebelum nyelam

ga tahan pengen megang, tapi jgan ya sobat.


Sebelum lanjut, saya juga harus menyampaikan pesan sponsor nih... JAGALAH KEINDAHAN ALAM INI, DENGAN TIDAK MENYENTUH, MENGINJAK, apalagi MEMATAHKAN sebagian atau seluruh bagian karang untuk dibawa pulang. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan menjaga keindahan alam ini..


ikan - ikan bersembunyi dibawah koral







bentuknya lucu - lucu ya sobat



lihat ga, warnanya sobat, satu karang bisa warna warni gitu...


ini ga tau ikan apa, susah mengambil gambarnya dengan gerakan yang tidak stabil



ingin rasanya menyentuh, tapi ditahan ya sobat... karena bisa membuat mereka mati


SubahanAllah, itu lah kata yang terucap ketika pertama kali saya menyelamkan kepala kedalam lautan, bergetar rasanya seluruh badan melihat keindahan bawah laut, selama ini hanya bisa melihat dari internet ataupun televisi. Tetapi hari ini, saya sudah merasakan sendiri kedahsyatan dan keindahan alam ciptaan Allah di bawah laut. Semoga kita selalu bersyukur masih diberi kesempatan untuk bisa menikmatinya....

Yaak itulah beberapa photo yang bisa saya bagi ke sobat sekalian, mungkin ada beberapa yang kabur dan goyang. Sungguh beda rasanya memotret di bawah air, tidak sesederhana yang saya bayangkan. Okey,, sekarang saatnya back to narsis,, yuuk kita photo2 temen yang lain..


ada beberapa ikan yang berani dengan manusia, mereka akan menghampiri kita

senyumm... hhehe



Sebenarnya photo - photo diatas bukanlah termasuk kategory snorkeling, melainkan diving karena kita sudah tidak lagi berada dipermukaan. Tapi menyelam kedasar lautan. Maklum bagaimana gitu melewatkan sensasi menyelam ke dalam lautan. Untungnya tempat ini tidak terlalu dalam, sehingga tekanan udaranya masih kecil dan tidak berbahaya.. Okay dan ga mau kalah saya juga minta di photokan oleh nissa. Biar ada kenang2an sama anak cucu ntar,,Hhaha


Terbayar deh sudah, hasrat untuk merasakan rasanya menyelam di lautan

Penyelaman dan snorkeling ini dilakukan di dua areal penyelaman, jadi setelah selesai satu tempat kita akan moving lagi ke areal lainnya. Tapi di tempat kedua tidak sempat photo - photo karena keasikan menikmati pemandangan bawah laut,, ahhaayyy..

Selesai "snorkeling" kita semua di ajak beristirahat ke P. Payung Besar, untuk mengisi perut yang kosong karena dari pagi sudah asik menyelam dan berenang. Ada juga yang kembung karena kebanyakan minum air laut,, Hihii.. Tapi rasanya gitu, asin - asin gmana.. kayak minum air dikasih garam tapi ada sensasi manis gula juga. :p


siap - siap ke P. Payung Besar





Setelah puas istirahat, ngobrol dan photo2, ga lupa makan dan minum. Kita semua siap - siap untuk balik ke P. Tidung Besar. Dari P. Payung Besar kami berangakat kurang lebih pukul 12.30 WIB. Panas matahari lagi Hot2nya nih, karena berada tepat diatas kepala kita. Apalagi berada di tengah lautan yang menambah panas suhu disekitar. Bagi yang membawa "sunBlock" harap dipakai dan dibagi - bagi ke teman - teman yang lain. Karena dari pengalaman saya yang tidak kebagian sunblock, balik - balik badan jadi hitam. Berasa kayak bule habis berjemur,, Hhaha


Yuukkk siap - siap balik ke penginapan...

Bye - Bye P. Payung.. see u next time...

Sebelum lupa, terimakasih buat temen - temen Photograph Ilkomerz44 yang lain, terimakasih buat photo - photonya yang luar biasa. Semoga liburan terakhir kita bersama ini bisa menjadi perpisahan yang manis. Sampai jumpa di Gedung Graha Widya Wisuda dalam event sakral terakhir kita. WISUDA!!!! amienn. 
..cause my memory card not enough to memorizing all of this beautiful moments..

Okkaayyy, itu lah sobat sedikit cerita liburan saya ke Kep. Seribu, tepatnya ke P. Tidung dan P. Payung. Menikmati keindahan pantai dan sunset di P. Tidung, bakar - bakaran di pinggir pantai, sensasi lompat 7 meter dari atas jembatan Cinta, sampai yang terakhir merasaakan sensasi "Snorkling". Semoga bisa menjadi referensi bagi sobat yang lagi bingung mau liburan kemana?? 


Yuukk, saya mohon diri dulu. Selalu bijak dalam berinternet, jadi netter yang bijak. Happy Blogging ya sobat.

Best Regards,
TitoHeyziputra
Tito's Weblog.

23 Komentar:

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

wah jadi pengen ikutan foto-foto di bawah laut B)

Bayu Hidayat said...

comment di blogspot ilang semua yahh. huhu. jadi kosong nih kayak gw. wahh asik tuh snorkeling. tapi kalo diving ngak pake oksigen emang nya bisa tuh bro

Taman Sambas said...

wah..seru banget kayak nya.Apalagi melihat terumbu karang nya...kepengen kesanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa :D

r10 said...

kalau lagi snorkeling gitu terus ketemu hiu bagaimana? :D

tito Heyziputra said...

@bayu: itu cuma buat beberapa detik kok, sambil photo2, setelah itu k permukaan lagi

@TamSam: hayooo, tinggal nyebrang dr kalimantan, haha

@r10: yah brarti kurang beruntung, lari deh,, Hha

Aina said...

wow....gak kebayang asyiknya nyelam rame-rame....

Penghuni 60 said...

wah, kalo aku sih msh blm pandai berenang sob...
pdhl seneng bgt kalo udh liat keadaan kehidupan bawah air itu..sangat indah

YeN said...

emg iya air laut ada rasa manisnya to?kayaknya kapan2 kudu nyicipin nih.. #lho??

iam said...

Gila keren banget tuh foto didalam air :D Jadi pengen ikutan juga euy :p

Kamal Hayat said...

Mantap sekali... perlu di coba nih..?

Gaphe said...

nah kalo snorkeling yang ini yang baru keren.. foto underwaternya minjem kamera siapa?.. make kamera apa?.

hemm.. soal sewa, kayaknya kalo tempat itu ada spot buat snorkeling pasti banyak persewaan alatnya sih.

dan soal nyentuh koral, lah koq gambar terakhir kamu nyentuh? hayoooo looh... hahahaa

W i e d e s i g n a r c h said...

wah wah...
aku baru aja juga dari pulau pramuka nih...

tapi ndak pede buat snorkling...
gak bisa renang dan rada takut di tekanan bawah air... hikx...

oh yah... foto2nya keren banget... seru euy bisa foto gituu... dibawh air... dan hey, sudah menonton film indonesia terbaru tentang laut wakatobi? berminat nonton? ,,, preview juga boleh ^^....

oh yah oh yah... salam kenal yah ^^

tito Heyziputra said...

@gaphe: wah ga baca psotingannya yaa,,, ntar marah tuh temen gw ga di anggap kameranya.. padahal muka dia dan kameranya udah closeUp.

@Wiedesignarch: wahhh nama nya susah,, Hahha. wah dr pramuka ya.. memang bnyak jgua yg ksana. Pramuka lebih terkenal, tp krna itu lebih rame deh... Film tentang wakatobi?? Keren tuh,, mw dong linknya..

warsito said...

salam persahabatan gan ane permisi follow


ditunggu ya follow baliknya

Memorabilia said...

keren uy. snorkling! ane baru bisa nyelem di sungai aja nih. hehe.. btw foto gayanya kurang telunjuk. kan kalo metal kudu 3 jari..hehe

Meutia Halida Khairani said...

duh, udah 1.5 taun di jakarta, saya belom pernah maen ke pulau tidung. pernah berencana taun lalu, tp ga jadi T_T.

paling seru ya, kalau pergi snorkling rame2 (kemana2 jg kalo rame2 seruuu)

hmm, hari ini saya baca 2 postingan orang ttg snorkling. two words, subhanallah indah \(^_^)/

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

Aku pasti pake peralatan no. 4 #Pelampung# qe3

Tidung sekarang jadi favorit orang Jakarta dan sekitarnya karena udah bosen ama Puncak, selain karena tol Jagorawi makin macet ^^

iam said...

Hehe mampir sob, hehe :)

tito Heyziputra said...

@memorabilian : Ini ga metal, cuma lambang bahagia,, haha

@Mutia: ahahha, ayo jelajahi Jkarta lagi,,

@inung: Iya mas, puncak alternatif yg lebih murah, tp jadinya crowded dan sumpek, pinter2 kita memilih,, Yuukk berenang, haha

@im: yoii sob, makasih udah mampir

Spasi | Insanitis 37 said...

Waaahhh tu jadi psti pengalaman jalan2 yg seru ya.. liat foto2 ma cerita Sobat, sy pun jd pengen nih, heuheuh..
Salam kenal, izin follow y sob

Sang Cerpenis bercerita said...

bagus amat ya pemandangan di dalam laut.

I-one said...

Subhanallah..
bagus baget

MENONE said...

waoooowwww........ gmn ya rasanya.... duuhhh pingin bgt nich sob, mahal ya hehehehehhe

salam persahabatan selalu dr MENONE

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}