Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Rezeki memang ga kemana, Berkah di Bulan Ramadhan.

Saya lagi senang nih sahabat Tito's Weblog. Karena itu postingan kali ini saya mau bercerita tentang kejadian 3 hari yang lalu. Begini nih cerita lengkapnya. Betapa doa syukur Alhamdulillah saya panjatkan, sujud syukur pun tak lupa di lakukan. Weekend kemaren tepatnya tanggal 27 Agustus 2010, saya mendapatkan sms berita yang membahagiakan. Setelah berusaha kesekian kalinya akhirnya saya mendapatkan sebuah beasiswa dari Yayasan Karya Salemba Empat.


http://karyasalemba4.org/


Seperti yang pernah saya posting di bulan Juli kemaren, ada sekitar 300 nama penerima beasiswa tersebut dari Institut tempat saya sekarang kuliah. Tapi malangnya dari pengumuman bulan kemaren nama saya tidak ada disitu, saya dinyatakan tidak lolos pada tahap terakhir wawancara dengan donatur. Sedih memang, harapan yang taruh pada beasiswa tersebut cukup besar. Berapa kali saya ulang lihat dari atas sampai bawah daftar nama tersebut, tapi tidak ada nama Remarchtito Heyziputra.

Dalam hati saya sempat berkata, "mungkin memang belum rezeki " atau "kalau rezeki ga bakalan kemana" atau berubah menjadi "jangan2 ada kesalahan nama". Ternyata saya masih sangat mengharapkan. Kemudian saya mencoba menkontak langsung pihak yang waktu itu mewanwancarai saya. Saya kirim beberapa email kesana. Tapi nihil hasilnya, 1 bulan berlalu tidak ada balasan ataupun konfirmasi ke email saya. Dan saya mulai meng-ikhlaskan kata - kata saya yang pertama : "mungkin memang belum rezeki ".
Minggu kemarin kegiatan perkuliahan pun dimulai, harapan akan balasan email saya pun terlupakan dengan menumpuknya  laporan kegiatan PKL yang harus segera di kumpulkan. Saya pun terhibur dengan saling membesarkan hati sesama teman - teman lain yang juga tidak lolos seksi wawancara. Dari sekitar 600 orang peserta seleksi, cuma sekitar 250 kurang yang diterima.

Malam harinya tanggal 27 agustus, selesai sholat taraweh berjamaah di dekat kampus saya langsung pulang k kosan. Biasanya yang ikut temen - temen mencari makan di luar. Saya memilih untuk nitip dibelikan makanan dan berniat santai sambil leyeh - leyeh nonton OVJ di TV. Lagi asik - asiknya nonton OVJ ada sepotong sms masuk. Saya kira temen - temen tadi yang menanyakan ingin dibelikan makanan apa? Tapi no-nya yang tampil di HP tidak saya kenal. Langsung saja saya buka dan baca isi sms nya:

Salam SEMANGAT!, shbat ku yg mulia.. selamat brgabung dgn kami di penerima beasiswa KSE 2010.. mohon maaf ats  perubahan2 yg terjadi.. diingatkan kembali U/ kmpul perdana wajib .......
Tanpa menyelesaikan membaca sms tersebut, saya langsung mengkonformasi pesan tersebut. Takut - takut salah kirim dan saya menjadi Geer, hhe. Maklum sudah sebulan lebih email saya tidak dibalas, jadi mungkin saja ini miss comunication. Beberapa kali sms saya kirim dan jawabannya benar sms ini untuk saudara, saudara telah di terima menjadi anggota penerima beasiswa KSE 2010. Membaca balasan tersebut, saya langsung mengucapkan syukur Alhamdulilah  dan memberitahukan kepada orang tua (kata temen sih agak lebay, tapi wajib bagi saya memberi tahukan kabar gembira ini kepada orang tua saya). Dalam hati saya berkata : "memang kalau rezeki ga kemana"

Ternyata semua-nya sudah diatur oleh Allah SWT, diawal saya memang tidak tercantum sebagai penerima beasiswa. Tapi di akhir pengumuman tahap 2 dan final keputusan pusat, saya tiba - tiba masuk dalam daftar penerima beasiswa KSE. Usut punya usut, ternyata nama saya di ambil sebagai pengganti penerima sebelumnya yang terbukti sudah tidak relevan lagi. Banyak nama - nama yang belakangan diketahui sudah tidak memenuhi syarat. Saya di pilih karena mengajukan email waktu itu, saya di anggap mempunyai niat dan usaha sedikit lebih dibandingkan peserta lain.

Memang di bulan Ramadhan ini banyak sekali kejutan atau pun hikmah yang diberikan Allah SWT. Saya jadi belajar, jangan dulu menyerah sampai ada keputusan final. Cobalah cara lain yang mungkin tidak dilakukan orang lain. Tapi masih sesuai dengan etika dan sopan santun. Biar Allah yang menentukan hasilnya. Saya jadi ingat quote dari seorang sahabat "Do the best let Allah do the rest".


http://www.karyasalemba4.org/

Sekedar informasi Beasiswa dari Yayasan Karya Salemba Empat, pertama kali berasal dari/diperuntukan bagi mahasiswa dari Universitas Indonesia saja, tapi belakangan perkembangan yang pesat dan donatur yang semakin banyak kini Yayasan Karya Salemba Empat telah membuka kesempatan beasiswa untuk 7 Universitas di Indonesia seperti IPB, ITB, UGM, Unand, ITS, dan Unpad. Jenis beasiswa yang diberikan bermacam - macam. tergantung dari hasil wawancara kita. Ada prestasi, regulatr atau untuk yang bersifat kewirausahaan. Yah semoga dengan mendapatkan beasiswa ini, saya menjadi lebih semangat lagi nge-blognya... Loh salah!!!, lebih semangat lagi kuliah nya (sambil nge-Blog juga, hehe). Dan kalau ada peluang ingin lanjut sekolah ke luar negeri kayak cerita di Novel Negeri Van Oranje.

20 Komentar:

Pakies SM said...

>Begitulah keyakinan yang benar bahwa rejeki yang sudah diplot ke kita tidak akan lari kemana. Sebuah tawakal ikhlas dan tidak ada putus asa, terbukti membuahkan kerhasilan.

>Selamat ya Kang, Pakies ikut senang kalau ada saudara yang merengkuh keberhasilan

> ane doakan juga bisa menimba ilmu di negeri Van Meeneer
>kaburrrr teraweeehhhhhh ....

Gaphe said...

Tuhan tahu, tapi Dia menunggu.. Dia tidak pernah terlalu cepat, atau terlambat dalam memberikan pertolongannya.
Selamat yaa Tito, udah dapet beasiswanya.. Yang rajin belajarnya!.
hehehehe

Iman said...

Pertamaxxx

Salam kenal nih, baru mampir perdana :D.

Alhamdulillah... semangat ya Tito atas beasiswanya. Moga tambah semangat belajarnya. Sukses selalu :)

Elvindinata said...

makan makan donk ama teman2 blogger,,ciakakakakkk :)...selamat ya sob beasiswanya,,semoga sukses teruuuuss :),,amin ^^

Amanda Putri said...

Selamat!!!! Memang klo rejeki ga kemana. Apalagi untuk yang punya niat dan usaha kuat. Klo kata temen saya sih... Semua akan indah pada waktunya.

Amanda Putri said...

wahh selamat!! Memang berkah dibulan ramadhan buat yang tetap berikhtiar dan berbaik sangka ke Allah ^_^

Klo kata temen saya siih.. Semua akan indah pada waktunya :)

John Terro said...

emang agan kul di mana?
ane dari ITS gan
temen ane juga dapat beasiswa dari Salemba

ReBorn said...

wah, selamat bro.
kapan kita makan-makan? *lho?*
:)

windflowers said...

waahhh...aku ikut seneng ni...selamat ya bwt beasiswanya...dan must keep on your spirit...:)

orcalion said...

Selamat ya.. ;-)

Rejeki memang gak pernah salah jalan dan gak pernah salah waktu.. :-)

Semoga sukses!

tito Heyziputra said...

@pakies: iya niih tawakal ikhlas mungkin kunci nya..

@gaphe: thanks sob, jadi pgen maen k surabaya.

@iman: iya bang iman, salam kenal juga. selamat atas rumahn barunya.

@elvin; @reborn: makan2 nya ditunda, kan puasa.. hahah

@amanda: aduh jadi indah seperti apel di padang pasir.

@john tero: iya nih ane d IPB mas, emang luas jaringan beasiswanya.

AkuInginPulangDiKalaSenja said...

Lompat lompat !!! hehe...

Selamat ya Tito. Semoga ini bisa dijadikan titik tolak untuk kesuksesan yang lebih lagi. Semangat !!

* Abis comment masih duduk disini nunggu traktiran :D *

Ferdinand said...

Wah mantabz.. tenan.. klo rejeki emank gak kemana Sob.... padahal udah sempet kecewa eh malah dikasih hhe...

Sukses sob......aku ikut seneng nie.....

Mpey said...

Selamat ya Tito ... Hebaaaattt .... :)

Anggasona said...

wah, manteb, slamat ya bos ats beasiswanya, kl s4 traktir jg nih makan2nya, wkwkwkwk....

tiwi said...

titoo kok komenku ga muncul??...ak gak nyepam loh..hiks..btw, ak ulang lg deh komennya:...yg pertama Congratulations!..mg2 dg adanya beasiswa jd lbh rajin belajar n ibadah..mg2 bs melanjutkan sklh lg ke ln..menyambung planning ak dl..he3.., eh dr ITS jg disiapkan ya..tp kayaknya udah ga msk sdh ga memenuhi kualifikasi..melewati bts umur!he3...

Asis Sugianto said...

Congratulasion sob atas beasiswanya, sukse selalu.... amien....

Ferdinand said...

Siank Sob.. aku datang rutin nie....

oiya Sobat masih Di jakarta ya hhe.... aku nonton DI Metro TV mungkin ada di Streamingnya Sob. coba aja dicari...... jadi anak IPB bikin Front apa gtu aku lupa baru deh kaya berita yg aku tulis kmaren hhe....

Semangat n happy blogging Sob...

anak nelayan said...

rejeki memang gak kemana

Dwi said...

selamat atas beasiswanya ya mas,, semoga menambah semangat dalam meraih cita-cita.

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}