Hay sahabat apa kabar nya??? makasih masih tetap setia sama blog ini. Oh iya postingan ini saya ambil dari pesta blogger.com. dan original post by: mbak rara. Karena setelah saya survey (cuma nanya ke beberapa bloggger, hehe) masih bnyak yg blum tau tema bahkan apa itu pesta Blogger. Saya merasa tidak ada salahnya untuk sekedar membagikan dan memberi tahu apa itu PB dan temanya di tahun ini. Okey  cekidot gan...

Salam blogger!

Blogosphere Indonesia adalah sebuah jaringan yang sangat unik. Berbagai karakter manusia berkumpul dari seluruh penjuru, lengkap dengan ciri khas masing-masing dan ketertarikan yang berlainan, semua berpadu dalam satu wadah yang besar. Dengan perkembangan teknologi pada saat ini, keberadaan blogger tidak lagi hanya ditandai dengan postingan panjang dengan presentasi formal yang sarat diskusi. Beberapa berubah haluan dengan menulis lebih ringkas, menggunakan berbagai fasilitas alternatif untuk menulis, bahkan, beberapa sudah berhenti menulis dan lebih banyak berbagi secara nyata. Namun, mereka semua pada dasarnya tetaplah seorang blogger. A blogger at heart.
Holding Hands

Pesta Blogger 2010 bermaksud untuk    mengedepankan kebutuhan yang bermacam-macam ini. Berbeda dengan apa yang telah dilakukan sebelumnya, kali ini Pesta Blogger dirancang untuk melakukan fasilitasi dan menjembatani kebutuhan para blogger yang sangat beragam. Apabila acara di tahun-tahun sebelumnya telah menyatukan para blogger dengan sukses, tahun ini kami tidak akan hanya membawa para blogger untuk berkumpul bersama, tapi juga saling berbagi, saling memahami, dan tentunya saling berkolaborasi.
Melalui postingan ini, saya memperkenalkan, bentuk baru dari Pesta Blogger, yaitu Pesta Blogger Plus!
Mengapa Pesta Blogger Plus? Di Pesta Blogger 2010 kali ini, kami ingin merangkul semua komunitas online yang ada, untuk turut bekerja sama dalam menyukseskan acara ini. 

Beberapa tahun terakhir ini, internet sudah menjadi tempat berkembangnya berbagai komunitas, terutama komunitas narablog (makro-, mikro-, blogger menahun, blogger musiman, blogger profesional, dll), komunitas jurnalisme warga, serta komunitas kolaborasi. Kalau dijumlah, nilai kontribusi mereka terhadap perubahan itu besar! Wikipedia, misalnya. Global Voices adalah contoh yang lain lagi.
Sementara itu, Pesta Blogger, sebuah ide sederhana yang kini telah berkembang menjadi acara berskala nasional telah menginjak tahun keempatnya. Berawal dari “Suara Baru Indonesia” (2007) yang memperkenalkan pada khalayak tentang media online, blogging, menyuarakan pendapat sampai menyoroti gaya hidup. Lalu, “Blogging for Society” (2008), dimana melalui blog kita diajak untuk mendukung kegiatan positif di lingkungan sekitar, filantropi yang dilanjutkan dengan semangat nge-blog yang menjalar ke arah positif yang tergabung dalam “One Spirit One Nation” (2009).
Menjalani tahun keempat, tujuan individu dan lembaga yang merambah dunia online makin semarak, baik melalui blog, jejaring di media sosial, forum online dan lain sebagainya. Warna dan nuansa baru inilah yang kemudian menjadi dasar pemikiran kami dalam penentuan tema.
Sesuai dengan cita-cita dan dasar pemikiran tersebut, tema Pesta Blogger 2010 kali ini adalah: “Merayakan Keragaman” (Celebrating Diversities).
Dengan makin terbukanya akses dan tersedianya berbagai channel untuk beropini, makin banyak blogger yang bersuara, dengan tujuan yang gempita. Mulai sisi ekonomi kreatif, politik, gaya hidup, advokasi komunitas, juga yang murni bersenang-senang. Tidak ada yang salah dan benar, karena kita sedang “Merayakan Keragaman” sejak suara baru itu muncul dengan dinamikanya. Keragaman inilah yang harus diperkuat dan diperkaya.

Di Indonesia, komunitas yang sangat menarik untuk disorot adalah komunitas blogger (baik makro maupun mikro). Kekuatan dan peranan mereka dalam sendi kehidupan sosial benar-benar sudah tidak bisa diremehkan lagi. Para Narablog Indonesia telah menunjukkan bagaimana komunitas maya bisa bekerja sama menjadi agen perubahan yang sangat efektif. Mulai dari yang gaungnya besar seperti gerakan #IndonesiaUnite dan Koin Perdamaian; maupun gerakan dengan skala yang lebih kecil, lebih lokal, atau yang gaungnya kurang terdengar.

Namun, semangat dan gerakan untuk merambah dunia online yang muncul di beberapa kota besar dan daerah lainnya memunculkan beberapa fakta. Di beberapa kota, aktivitas berjalan dengan lancar, baik dari segi komunitas, kegiatannya bahkan jejaring. Di kota yang lain semangat yang sama muncul, tapi terkendala dengan pertanyaan ‘mau nge-blog apa,’ ‘mau bikin kegiatan apa,’ bahkan, ‘mau berjejaring dengan siapa’.
Berbekal hasil pengamatan ini, Pesta Blogger 2010 bermaksud untuk lebih menggalakan komunitas blogger. Sasarannya adalah komunitas blogger berbasis regional, serta komunitas yang memiliki bidang ketertarikan yang spesifik seperti komunitas blogger hobi. Semua ini ditujukan untuk memberdayakan komunitas blogger agar dapat lebih aktif berjejaring dengan sesama blogger, mendorong terciptanya kreasi dan kolaborasi yang unik, dan menjembatani sinergi untuk pengembangan potensi komunitas-komunitas tersebut. Semua merupakan upaya untuk “Merayakan Keragaman”.

Pesta Blogger 2010 akan melibatkan komunitas blogger regional, terutama mereka yang berada di daerah-daerah yang jarang mendapat sorotan, namun aktif. Berdasarkan data komunitas blogger yang dikumpulkan, ada beberapa daerah dengan dinamikanya yang spesifik tetapi belum mampu berjejaring dengan baik, juga beberapa daerah yang belum tersorot. Flores, Ponorogo, Madura dan Maluku, misalnya.
Sementara di sisi lain, komunitas blogger berbasis hobi/interest, dengan dinamikanya masing-masing juga makin bermunculan – mereka punya isu yang khas dengan kegiatan yang kreatif dan bisa menjadi inspirasi. Komunitas-komunitas ini akan dikumpulkan untuk bekerja bersama. Mereka akan saling mendukung, berkolaborasi sebagai pengisi acara dalam bentuk festival- berbagi hal yang positif untuk saling memperkuat komunitas masing-masing.

Keragaman tidak hanya dapat menghadirkan perbedaan, tetapi juga dapat menyatukan dan menguatkan. Hal inilah yang harus dijawab dalam pesta blogger kali ini. Bagaimanakah kita akan mempertemukan yang solid dengan yang cair, yang bingung dengan yang sudah stabil, yang kebetulan memiliki tujuan yang sama tapi belum berjejaring dan lain sebagainya. Dengan perkembangan yang muncul, makin banyak alasan untuk menguatkan kembali jejaring, menentukan tujuan yang konkrit, dan menyumbangkan kontribusi positif bagi sekitar. Lalu? Mari “Merayakan Keragaman” dengan memperkuat jejaring dan saling menguatkan!
Itulah bloggerhood.

Salam blogger!