Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Tips Mencari Driver Notebook via Device Manager

Hola sobat blogger, gmn nih kabarnya?? Besok sudah weekend dan pastinya sudah punya rencana masing - masing buat ngisi weekend. Semoga rencana nya berjalan lancar yaa.. Okey, back to topic kali ini saya mau sharing lagi sedikit tentang tips memperbaiki notebook/netbook. Tips kali ini saya pilih karena kebetulan project yang sedang saya kerjakan juga menggunakan tips ini. Baiklah yuk dimulai saja tips nya...

Pertama saya mau kasih tahu sedikit tentang apa itu Driver atau kalau dalam bahasa komputernya device driver/software driver. Driver dalam istilah komputer adalah kumpulan program komputer yang menjembatani hubungan/interaksi antara sistem komputer (perangkat lunak) dengan hardware (perangkat keras) komputer agar bisa bekerja dengan baik. Dan biasanya driver  ini tergantung dengan sistem operasi yang kita gunakan, misalnya Linux, Windows atau MacOS. 


Sumber wikipedia.com


Biasanya setiap pembelian notebook selalu disertakan dengan CD/DVD kumpulan driver laptop yang kita beli. Masalahnya adalah ketika kita ingin menginstall sebuah OS atau ketika notebook terkena virus dan harus di install  ulang, driver yang disertakan tadi tidak cocok atau malah hilang bagaimana kita mencarinya lagi?? Solusi gampangnya 1. Kembali ke toko tempat membeli notebook dan minta driver yang baru, 2. Pergi ke tempat service dan biarkan teknisi yang mengurusnya. Tapi, bagaimana kalau kita lagi tidak punya dana untuk ke tempat service atau sedang berada di luar kota dan tidak bisa mencari toko yang menyediakan drivernya. Solusinya adalah dengan menDownload langsung driver tadi langsung dari internet/vendornya. 

Masalah berikutnya yang muncul adalah terkadang untuk satu hardware tersedia 4-5 jenis driver. Driver mana yang cocok untuk kita pilih. Kalau punya koneksi internet yang bagus kita bisa saja mendownload semua driver dan mencobanya satu persatu. Tapi tentu saja akan memakan waktu dan boros bandwith internet. Tips kali ini akan membantu kita menemukan driver yang tepat untuk hardware yang kita inginkan. Tips kali untuk OS Windows XP dan Windows 7.  Karena kalau untuk Linux driver tinggal cek online  dan sistem akan mencari dengan sendirinya. Berikut langkahnya :


1. Mencari tahu jenis ID hardware yang ingin kita cari drivernya.
Proses ini bisa kita kerjakan secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet. Cukup masuk ke 'Device Manager' dan kita cari properties masing - masing hardware. Cara masuk ke Device Manager langkahnya sebagai berikut: 


Masuk ke Windows Explorer, klik kanan pada 'My Computer'

Di 'System Properties' masuk ke 'Device Manager'

Cari driver yang masih ada warningnya.


Klik kanan device yang belum ada drivernya.


note: Untuk Windows XP pilih 'Device Instance ID'

Blok/klik ID dan copy


note: Untuk Windows 7 pilih 'Device Instance Path'

Blok/klik ID dan Copy

2. Langkah berikutnya dikerjakan Online dan buka situs devid.info 
Setelah memiliki ID dari hardware yang ingin kita cari drivernya, sekarang saatnya mencari koneksi internet. Setelah terkoneksi masuk ke situs devid.info dan 'paste' kan kode tadi di kolom search. Situs tersebut akan mencari driver yang match dengan ID hardware.


Masuk ke situs www.devid.info

'Paste' kan ID tadi di kolom "Search"


Tinggal pilih Sistem Operasi apa yg kita gunakan, DOWNLOAD, selesai

Setelah pencarian selesai, situs devid.info akan menampilkan sejumlah driver berdasarkan versi updatenya. Pilih yang paling atas atau maksudnya ambil versi update yang paling baru. Setelah itu download dan selesai sobat tinggal menginstallkan driver tadi ke notebook/netbook.

Okey sekian dulu tips singkat hari ini, semoga bisa membantu sobat sekalian. Salam Blogger..



Sumber info :: klik disini.

3 Komentar:

Meutia Halida Khairani said...

hehe, saya juga selalu melakukannya. bagus nih tips di share buat teman2 blogger yg tidak bekerja di dunia IT tp punya masalah ini ;)

Niar Sri Sadono Ningrum said...

wahh...keren info nya.. bermanfaat banget om, makasih :D

tito Heyziputra said...

@meutia: iya kak,,, smoga bisa membantu temen2 yang lain, :p

@Niar: ganti username lagi nih niar, jadi panjang,, hhhe.. Okey makasih yaa,,,

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}