Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Review HG 1/144 Gundam Blitz - Belajar Action Figure

Baru pertama kali nih mencoba membuat postingan tentang action figure (AF). Oh iya sebelumnya sobat blogger sudah pada tahu belum apa itu action figure. Kalau ada yg belum tahu, definisi singkat action figure adalah mainan berkarakter yang berpose, terbuat dari plastik atau material lainnya dan karakternya sering diambil berdasarkan film, komik, video game atau acara televisi (wikipedia.org). Awalnya mainan ini dibuat hanya untuk anak laki - laki, karena AF melambangkan citra maskulin. Kalau anak perempuan mainnya boneka, maka anak lelaki bisa dibilang mainan nya itu adalah action figure.

Seiring dengan berkembangnya industri gaming, komik dan video. Banyak action figure yang menjadi barang koleksi bagi para kolektor. Dan semakin kesini, action figure dirancang secara spesifik menjadi barang koleksi orang - orang dewasa. Jadi, tidak heran kalau sedang iseng berkunjung ke toko mainan dan melihat di blok action figure lebih banyak orang dewasanya ketimbang anak - anak. Kebetulan satu bulan terakhir ini saya mulai tertarik dengan action figure Gundam. Mainan robot - robotan yang diambil dari cerita film Gundam ini dijadikan action figure pertama kali oleh perusahan mainan jepang Bandai.

Nah lo tito, kamu kan sudah besar(*umur ya, bukan badan.. hhha) kok masih mau mainan robot - robotan. Itu pertama kali yang saya pikir ketika mencoba membeli action figure gundam ini. Ya betul memang, saya seperti kembali ke masa kanak - kanak dengan bermain robot - robotan. Tapi yang saya cari dari AF Gundam ini bukanlah bermain robot2an nya, melainkan 'proses perakitan' robotnya. Gundam ini dijual dalam bentuk parts-parts yang terpisah. Untuk menghasilkan satu robot utuh, terkadang kita harus merakit *minimal 4-5 blok parts robot. Proses merakit inilah yang saya cari, karena butuh cukup ketelitian dan kalau dilihat dari segi peralatannya juga cukup berbahaya untuk anak kecil.

Sebut saja beberapa peralatan standar nya seperti gunting, pisau cutter dan tang wire. Semua peralatan ini jika digunakan anak kecil tanpa pengawasan orang tua tentu akan berbahaya. Saya pun menikmati proses perakitan ini seperti pada proses perakitan komputer yang sering saya lakukan. Sama - sama harus teliti dan sama - sama tidak bisa berhenti kalau sudah mulai. Baiklah sudah kepanjangan saya bercerita, kita lihat saya langsung review proses perakitannya. (*gambar agak buram, karena shoot menggunakan camera HP dan jumlah cahaya yang kurang)

1. Unboxing

 
Cover Box Gundam

Unboxing

Isi box - parts gundam

Part - part penyusun body Gundam

Manual Book perakitan



2. Assemble


Parts 1

Bagian Torso

Torso 1

Torso + Head

Torso + Head + Arms

Parts of legs

Legs

Torso + Head + Arms + Legs

Build Weapons



Semua bagian sudah dirakit, tinggal disatukan

3. Finishing


Setelah semua disambung, tingginya sekitar 15cm





Action with Swords Beam

Laser Beam di tangan


Setelah dilihat - lihat juga di beberapa forum, hobby ini tidak sebatas mengoleksi tetapi juga ditambah dengan fotografi. Gundam di buat sedemikian hingga bentuknya, supaya bisa menghasilkan gambar yang bagus. Banyak perlombaan fotografi yang mengusung tema seperti ini. Tapi sayang, modal kamera saya belum punya. :p Berikut contoh beberapa gambar hasil fotografi pro:

































Sumber dari  sini.

7 Komentar:

Rosa said...

wah rebek yah To..;p

HP Yitno said...

wah keren keren gundamnya. Jadi inget masa kecil. Gundam kan tontonanku waktu kecil

tito Heyziputra said...

@rosa: rebek gmana ros, hhhee..

tito Heyziputra said...

@yitno: wkwkwk iya om, jadi seperti anak2 lagi nih.. :P

Si Galau said...

wah keren ya..
tmenq juga ngoleksi gituan sampe habis belasan juta katana --"

Follow G+ Pages R10 said...

sudah besar tapi masih main ginian.... tapi memang asyik sih :D

tito Heyziputra said...

@sigalau: iy bener banget bos, hobby yang satu ini terbilang agak boros. Klo temennya sampai habis belasan juta saya percaya kok,, hhe


@r10: hanya menyalurkan hasrat merakit om...

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}