Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Panduan Umum Penulisan Skripsi

Sudah genap 10 hari tidak menulis di halaman ini, bukan karena jadi blogger musiman looh :p. Tapi ada kerjaan di dunia nyata, yang mendesak dikerjakan. Oh iya kemarin2 juga lagi ngerjain skripsi, sedikit - banyak sama lah seperti menulis blog, cuma beda ada peraturannya aja sedikit (*sedikit looh, :lol). Karena itu mumpung weekend ini, saya mau sharing sedikit apa sih skripsi itu (dibahas secara umum ya, peraturan lain tergantung kampus masing2). Biar berkah juga ilmu nya, dibagi - bagi dulu sebelum lupa. Buat yang udah melewati tahap ini, mungkin buat nostalgia aja sedikit.... :peace


Panduan Umum Penulisan Skripsi



PANDUAN UMUM PENULISAN SKRIPSI


1. Definisi Skripsi
           Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian yang membahas masalah dalam bidang ilmu sesuai pada jurusan yang sedang ditempuh dengan menggunakan kaidah yang berlaku. Skripsi disusun oleh mahasiswa/i di bawah pengawasan dosen pembimbing untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh gelar sarjana (strata 1) pada setiap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di Indonesia.

2. Tujuan Skripsi
         Tujuan skripsi adalah melatih mahasiswa untuk melakukan penelitian secara utuh, mulai dari mengenal dan merumuskan masalah, merumuskan tujuan penelitian dan hipotesis, merancang cara (metodologi) pengumpulan & analisis data, rnenulis laporan penelitian dan mempertanggung jawabkan hasilnya secara akademik.

3. Topik Skripsi
        Unsur unsur yang diperlukan untuk melakukan skripsi telah dipelajari sejak semester satu, baik dalam kuliah teori maupun praktek. Oleh karena itu, mahasiswa sudah dapat mempersiapkan judul atau topik skripsi sedini mungkin untuk mempersingkat masa studi. Topik skripsi yang diambil mahasiswa tentu saja mencerminkan program studi yang diikuti atau sesuai dengan bidang yang diminatinya (sesuai dengan konsentrasi), namun tidak tertutup kemungkinan untuk memilih topik lain, sesuai dengan perkembangan teknologi dan trend IT saat ini.

4. Ruang lingkup Skripsi
a. Penelitian dasar 
Yaitu penelitian murni terhadap sesuatu karena ada perhatian dan keingintahuan terhadap hasil suatu aktivitas. Penelitian ini dilakukan dengan intellectual reasoning yang mendasarkan diri atas keinginan untuk mengetahui semata-mata dan tidak langsung mempunyai kegunaan praktis.

b. Penelitian terapan 
Yaitu penelitian yang menggunakan practical reasoning untuk menjawab sesuatu masalah yang timbul pada suatu ketika, agar dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik. Hasil penelitian tidak harus sebagai satu penemuan baru, tetapi merupakan aplikasi baru dari penelitian terdahulu. (just FYI, saya penelitiannya terapan, hhee..)
 
c. Penelitian Korelasional 
Adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dari suatu fenomena, dan kalau ada berapa besar derajat hubungannya, antara beberapa variabel yang diteliti, walaupun tidak dapat diketahui apakah hubungan tersebut adalah hubungan sebab akibat ataupun bukan.
 
d. Penelitian Kausal Komparatif 
Adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya hubungan sebab akibat dengan cara berdasar atas pengamatan terhadap akibat yang ada, kemudian mencari kembali faktor yang diduga menjadi penyebabnya, melalui pengumpulan data dengan melakukan perbandingan di antara data-data yang terkumpul/diteliti. 
e. Penelitian Eksperimental 
Adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya hubungan sebab akibat dengan cara memberikan satu atau lebih perlakuan kepada satu atau lebih kelompok eksperimental dan membandingkan dengan satu atau lebih kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Penelitian ini bertujuan pula untuk menjelaskan sebab-sebab berlangsungnya suatu proses akibat, serta efek-efek dari suatu kondisi tertentu.

f. Penelitian Analitis 
Adalah suatu penelitian yang menganalisis data yang mengarah kepada suatu kesimpulan suatu populasi, bersifat inferensial. Berdasarkan dari sample digeneralasisasi menuju ke data populasi. 


5. Bagian Isi Skripsi
Secara umum skripsi terdiri atas tiga bagian, yaitu Bagian Awal, Bagian Isi, dan Bagian Akhir. 
A. Bagian Awal. 
Bagian awal skripsi terdiri dari: 
1. Halaman Judul (Lampiran ) 
2. Halaman Persetujuan dan Pengesahan Skripsi (Lampiran ) 
3. Kata Pengantar 
4. Abstrak 
5. Daftar Isi 
6. Daftar Tabel 
7. Daftar Gambar 
8. Daftar Lampiran 

B. Bagian Isi. 
Bagian isi skripsi terdiri dari: 
1. Pendahuluan memuat latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian. 
2. Tinjauan Pustaka dan Pengembangan Hipotesis (jika diperlukan) 
3. Metodologi Penelitian 
4. Analisis dan Pembahasan 
5. Penutup, terdiri atas, kesimpulan, keterbatasan dan rekomendasi. 

C. Bagian Akhir. 
Bagian akhir skripsi terdiri dari: 
1. Daftar Referensi 
2. Lampiran
Untuk lebih lengkap bisa dilihat disini.





Sumber : google.com


Yang mendasar membuat skripsi itu berbeda dengan blog adalah penggunaan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Mulai dari pemilihan kata baku, ejaan, pembentukan istilah, singkatan dan penulis huruf kapital. Namanya juga penulisan ilmiah, ga mungkin sebebas di blog kan. Ini lah tantangan selanjutnya dalam penulisan skripsi, setelah penelitian selesai, konsep penulisan sudah siap, memulai menulis adalah hal yang paling sulit dilakukan. Beruntung sih kalau jadi blogger, sudah terbiasa menghadapi layar dan keyboard dengan ide yang mengalir. Tetapi, sekarang sedikit dibatasin dengan peraturan2 diatas.

Saya sempat bolak balik juga melihat daftar kata baku di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kebayang ga gimana gede Kamus BBI, tebelnya minta ampun deh. Dan ga mungkin juga saya pinjem dari perpus. Untungnya sekarang semua akses sudah tersedia secara online, bagi yang males buka2 kamus bisa maen2 kesini nih >>


Pengganti KBBI - online lebih enak. :p

Tinggal masukan kata yang ingin kita cari, apakah kata tersebut baku atau tidak. Atau bisa mencari kata yang mirip. Saya lebih tertolong daripada harus membawa pulang KBBI yang berat ukurannya. Atau bagi sobat yang terbatas koneksinya bisa mendownload versi offlinenya disini >>


Software KBBI Offline

Selain pemilihan kata baku, ada juga seperti peraturan lain seperti ejaan, pembentukan awalan, pemilihan istilah, singkatan dan penulis huruf kapital. Ingat pelajaran Bahasa Indonesia dari SD - SMA dulu ?? Kalau lupa boleh mampir kesini nih sobat, buat merefresh lagi ingatan sewaktu muda,, Hhhaa


dan ini yang sering terlupakan


Dan buat peraturan atau pedoman lain seperti ukuran huruf, jenis huruf, spasi, paragraf, kolom dll. Itu semua tergantung dari Universitas masing - masing. Tapi, ga terlalu berbeda kok. Okey deh segitu dulu yang bisa dishare hari ini.... Happy Skripsi, Happy Blogging, Happy Nulis, Happy Weekend.

10 Komentar:

iwan said...

alhamdulillah, udah kelar ngerjain skripsi..#pamer

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

Mantaps bener link referensi penulisan skripsinya, terutama soal kamus dan kosakata.

Jadi inget, coret-coretan para dosen pembimbing di draft skripsi sampe skripsi final. Revisi dan revisi :))

Mila Said said...

hihiy... cieee..yang lagi skripsi. semoga sukses yaaaah.. ayo semangat :p

tito Heyziputra said...

@iwan: makasih ya wan... Masih proses juga nih..

@Inung: iya nih om inung, nostalgia sedikit.

@mila: hhha iya dong kak, harus smngat.

Woro Indriyani said...

Disegerakan to nulis skripsinya hehehe

tito Heyziputra said...

@woro: hhhe iya mbak'e,, udah kelamaan berpetualang ini. insyaAllah bentar lagi.

dunia kecil indi said...

ah, iya nostalgia dan... aku akan ngalami fase ini lagi karena mulai kuliah lagi. tidaaaaak, hahahaha... bikin satu kali aja cape, sekarang ke 2 kali mudah2an lebih lancar ya. amen :)

Rosa said...

sedikit lagi:D Ayo

outbound malang said...

kunjungan sob ..
salam sukses ..:)

outbound malang said...

kunjungan sob ..:)

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}