Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Telun Berasap Waterfall - Kerinci

Siapa yang tidak tahu dengan air terjun (Waterfall), objek wisata berupa pemandangan air yang jatuh dari atas ketinggian bukit atau gunung. Sewaktu kecil kita sering diperlihatkan akan gambar air terjun ketika belajar geografi. Menurut wikipedia, air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi.

Air terjun terkadang menghasilkan lukisan pelangi di atasnya. Ada yang memiliki arus air yang deras ada juga yang punya topografi yang landai sehingga bisa dimanfaatkan untuk wisata air dibawahnya. Karena keindahannya ini banyak orang mengunjunginya sebagai obejk wisata. Banyak air terjun yang bisa dijumpai di Indonesia, dan keindahannya tidak usah diragukan lagi. Banyak informasi dan photo2 mengenai air terjun ini di internet. Salah satu air terjun ini sebut saja Air Terjun Telun Berasap,  Air terjun yang bersumber dari sungai-sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh yang mengalir melalui tebing curam dengan ketinggian sekitar 50m dan terletak di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi.

Kebetulan sobat, tanggal 31 Mei 2012 kemarin saya berkesempatan mengunjungi Air Terjun Telun Berasap ini. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam 15 menit dari Kota Sungai Penuh, Kerinci. Pada siang hari saat matahari terik, kita dapat melihat pelangi di sektar air terjun. Sayangnya kemarin cuaca sedikit gerimis dan saya tidak mendapatkan pelangi disana, tapi jangan khawatir kita dapat menikmati keindahan air terjun yang sangat alirannya sangat deras sehingga menghasilkan butiran-butiran air yang halus seperti embun" di sekelilingnya. Karena itu air terjun ini disebut Air Terjun Telun Berasap.

Wisata Air Terjun Telun Berasap Kabupaten Kerinci. Sepanjang jalan menuju ke area Air Terjun kita akan ditemani pemandangan daerah pegunungan. Sebelumnya kita akan melewati perkebunan Teh Kayu Aro yang terkenal. Lain kali akan saya posting tentang perkebunan teh Kayo Aro. Yang unik adalah banyak pohon Kayu Manis yang daunnya bewarna merah membuat cantik pemandangan sepanjang jalan menuju areal air terjun.


Area Pintu Masuk Air Terjun.


Taman sebelum masuk jalur menuju air terjun.
 
Untuk menikmati keindahan air terjun ini kita harus menyusuri jalanan menurun menuju ke arah aliran sungai. Jangan khawatir jalan setapak ini sudah diperbaharui dengan tangga - tangga semen dan sudah dilengkapi dengan pegangan. Kira - kira 10 menit perjalanan kita sudah sampai di Shelter yang disediakan untuk menikmati pemandangan air terjun.

Suasana alam yang masih asri.
Tangga menuju Air Terjun
Sepanjang jalan menurun kita akan disuguhi pemandangan alam yang masih terjaga kelestariannya. Dan jangan lupa cuaca disini dingin loh sobat, jangan lupa juga untuk membawa air mineral sendiri karena waktu saya kesana tidak ada yang berjualan disini. *jarang - jarang tempat wisata tidak ada yang berjualan.

Udara yang sejuk menemani perjalanan.



Shelter kurang terawat.

Dari shelter inilah kita bisa menikmati keindahan air terjun, bisa berfoto - foto ataupun sekedar merasakan kesejukan percikan air dari air terjun. Hati - hati ya sobat jangan terlalu berdiri dipinggir. Bisa terpeleset karena lantai yang licin akibat percikan air yang terus menerus.

Percikan air yang seperti asap..





Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah gua. Masyarakat setempat tidak berani masuk gua karena medan begitu sulit untuk masuk kedalamnya. Air terjun yang sangat berat dengan tebing yang terjal, menyebabkan gua tidak dikunjungi oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata air terjun Telun Berasap.

Biar tidak dibilang hoax, saya ikutan majang sedikit lah photo di depan air terjun. Hhahaha

Narsis lagi... :p

Derasnya aliran air terjun.

Setelah puas berfoto - foto, karena air terjun ini aliran airnya sangat deras sehingga kita tidak bisa turun sampai bawah dan bermain - main dibawah air terjunnya. Saatnya balik, buat yang lama tidak berolahraga menaiki tangga untuk kembali mencapai pintu masuk lumayan oke untuk pemanasan. Asalkan lutut masih kuat aja kok.. *hehhehe


Tangga menuju pintu keluar.


Photo lagi aahh... Hhaha

Tangga perjalanan naik lebih baru dan terawat daripada tangga sewaktu kita turun tadi. Jadi jangan khawatir kesulitan dalam perjalanan pulang. Karena itu saya ga lupa photo lagi, sayang memory camera kalau ga dipakai. Hahhahahaa...

Kira - kira segitu dulu sobat cerita maen - maen ke Air Terjun Telun Berasap yang ada di Kabupaten Kerinci, Jambi. Masih banyak lagi objek wisata alam yang ada di Kerinci, seperti perkebunan teh Kayu Aro, Danau Kerinci, Danau G. Tujuh yang berada di atas gunung tujuh, dan yang suka hiking bisa ikutan pendakian ke Gunung Kerinci, gunung tertinggi di P. Sumatra. Saya sendiri belum kesampean untuk mencoba mendaki ke Gunung Kerinci. Medan yang berat membutuhkan persiapan yang matang, semoga masih ada umur untuk naik ke Gunung Kerinci. *lirik anggota R.Kom. hhhee...

15 Komentar:

suci ariyanti said...

ka tito itu foto yang air nya terjun itu baguuuuus.

kaya hidup fotonya :D

Ajeng Sari Rahayu said...

Amin, mudahan bisa ke sana ya To. aku pengennya yg ke kebun teh, beneran takjub liat di gambar2 aja. daunnya rimbun, apalagi yg ada di iklan itu >.<

aku tahu knp di sana ga ada yg jualan, soale jarang ada pengunjungnya kali To-kan jualannya sepi alias ga jelas...beda kalo kita ke kebun binatang atau apa gitu-kan pasti ada pengunjung apalagi hari libur :)


sygny ihh ga bisa maen2 air di bwh air terjunnya-pasti seger banget :(

Djangkies said...

Air terjun memang memiliki pesona tersendiri, saya juga sangat menikmati jika berada di kawasan seperti itu. Hanya saja kebanyakan untuk memasuki kawasan seperti itu jalannya susah. Tapi begitu nyampe terpaan 'asap' butiran air terjunnya membayar semua kelelahan yang terjadi.
Entar kalo ada umur, pilih mana naik kerinci apa naik haji hayo jawab ...

Rizki Pradana said...

Nice blog sobat.. postingan2nya juga sangat bagus, menarik dan bermanfaat sakali..:)

terus menulis menulis yaa..^_^

oia salam kenal
kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

beL said...

Tipikal spot wisata Indonesia, tidak terawat !!!

Tapi senang juga, ada tmp wisata tnpa org jualan, krn biasanya yg jualan itu bikin kumuh suasana

titoHeyzi said...

@suci: Waahhh thanks ya ci, pdahal itu pake HP loh, ga prepare bawa camera kemarin.. ayoo main k jmbi.. :p

@ajeng: waahhhh yuk k bogor aja klo gitu, ntar kita kopdar d puncak. Kebunteh nya jg bagus,, hihi...

@om pakies: InsyaAllah naik Haji om, klo itu tujuan...

@rizki: oke sob, salam kenal. Nanti d folback.

@Bel: iy nih bener, padahal potensi kita besar, tp perawatan kurang..

loveheaven07 said...

suka PA juga ane jadi teringat masa lalu saat pendakian gunung ke bogor Pangrangon yang penuh tantangan, nice pics nice trip :D

.:diah:. said...

wooow Subhanallah ya Tito, kereen banget air terjunnya,, fufuufhhh.

btw itu tangganya beda ya, tangga naik ama tangga turunnya, iih unik..


pengen banget ke Sumatera, blm pernah soalnya, ikkss.. *ajakin doong Tito :D

titoHeyzi said...

@loveheaven: wahhh gunung pangrango ya, itu adanya di TNGP. Iya keren dah tracknya dsana. :p

@diah: hhahahha, yuk maen k sumatra, ntar klo udah sampe sini d jemput di,, :p

Mila Said said...

keren bgt pasti, liat air terjun yang ada pelangi nya huhuhuuu... iri bgt.

mestinya nemu bidadari lagi mandi tuh wkwkwk

titoHeyzi said...

@mila: kan bidadarinya lg komen d blog aku.. hha. Makasih kak udh mampir...

Yudi Darmawan said...

keren banget..!
bikin ngiri aja nih mas nya,

jadi pengen liburan

Audrey Subrata said...

haduh ga pernah ke air terjun nih hwhwhw. yang pasti kalo liat tangga batu begitu jadi inget main arung jeram di bali naik 300 anak tangga buat exitnya abis di garis finish, sampe pucet muka naik tangga doang.

Alva Altera said...

Minggu lalu, saya baca novel keren berlatar Kerinci. Judulnya Rahasia Sunyi, terbitan GagasMedia, 2013. Kerinci klihatan eksotik banget di novel itu. Jadi browsing2 deh, dan nemu blog ini. Lihat foto2nya, ternyata.... kerasa banget nuansa liburan idaman saya! Pengeeen segera ke Kerinci!!!

titoHeyzi said...

@alva:

Dear alva, thanks for visiting my blog. Such a long time, almost 1 year I never wrote on this blog again.

Silahkan ayo maen2 k Jambi klo mau melihat secara langsung keindahan Bumi Sepucuk jambi, sembilan lurah.

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}