Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Welcome to Bumi Alam Sakti Kerinci

Setelah mengisi wawasan kita dengan wisata sejarah budaya di Candi Muaro Jambi dan wisata bahari di Pulau Berhala kini saatnya kita kembali menikmati keindahan alam di Jambi. Dari Muaro Jambi, kita bergerak ke ujung paling barat Provinsi Jambi. Daerah yang berada di ketinggian dan memiliki hawa dingin yang sejuk, lengkap dengan panorama Gunung dan perbukitan. Kita akan menuju ke Kerinci - Bumi Alam Sakti.

Tidak bisa dipungkiri salah satu sentra pariwisata utama di Propinsi Jambi adalah Kerinci. Disini terdapat lebih dari 20 objek wisata, oleh karenanya 70% objek wisata yg ada di Propinsi Jambi ada di Kerinci. Kerinci berada di paling barat Provinsi Jambi, terletak di punggung Bukit Barisan yaitu di lembah Gunung Kerinci. Dengan kekayaan potensi alam dan budaya yang dimilikinya, Kerinci daerah dataran tinggi yg berbentuk lembah sehingga dikelilingi oleh gunung dan bukit - bukit  sering disebut dengan "Sekepal Tanah dari Surga".

disporabudpar.kerincikab.go.id


JALUR MENUJU KERINCI
Untuk menuju Kerinci ada dua pilihan kendaraan yang bisa digunakan, yaitu menggunakan mobil/bus atau menggunakan moda transportasi udara, Pesawat Fokker 50 milik Sky Aviation dari Kota Jambi. Tetapi umumnya masih banyak masyarakat memilih menggunakan jalur darat yang lebih banyak jadwal keberangkatannya. Jalur yang saya tulis dibawah ini adalah ke Sungai Penuh (Ibukota Kerinci) jadi jangan bingung karena Sungai Penuh ada Kerinci.

Untuk mencapai Kabupaten Kerinci dapat dengan melalui beberapa jalur utama yaitu :
1. Padang - Muara Labuh - Sungai Penuh (249 Km)
2. Padang - Painan – Tapan – Sungai Panuh (277 Km) 
3. Jambi – Bangko – Sungai Penuh (465 Km)
4. Palembang – Jambi – Bangko – Sungai Penuh (726 Km)
5. Bengkulu – Tapan – Sungai Penuh (879 Km)

Sekedar Informasi saja, saya biasanya menggunkan 3 Travel ini :

PO Ayu Transport (Telepon : 0748 – 22074 Jl. HOS Cokro Aminoto)
PO. Cayaha kerinci (Telepon : 0748 – 21421 Jl. Diponegoro)
PO. Safa Marwa (Telepon : 0748 – 22376 Jl. Yos Sudarso No. 20)

Note : Biaya travel Jambi – Sungai Penuh Rp. 100.000,-  sedangkan Padang – Sungai Penuh Rp. 70.000,-  dengan menggunakan minibus ELF.


HOTEL
1. Hotel Busana, Jl. RE.Martadinata Telp. (0748) 21122 Sungai Penuh
2. Hotel Yani, Jl. Muradi No.1 Telp. (0748) 21409 Sungai Penuh
3. Hotel Matehari, Jl. Basuki Rahmat Telp. (0748) 21061 Sungai Penuh
4. Hotel Aroma, Jl. R.A. Kartini No.2 Telp. (0748) 21142 Sungai Penuh
5. Hotel Masgo Kencana, Jl. Yos Sudarso No.21 Telp (0748) 22690 Sungai Penuh
6. Hotel Kayu Manis, Jl. RE. Martadinata Telp. (0748) 21226 Sungai Penuh
7. Hotel Anak Gunung, Jl. H. Agua Salim Telp. (0748) 21269 Sungai Penuh
8. Hotel Jaya, Jl. RE. Martadinata Telp. (0748) 21221 Sungai Penuh

Note : Harga mulai dari Rp. 70.000,- hingga Rp. 240.000,- per hari termasuk sarapan pagi. Tersedia juga guess house per malam Rp. 30.000,- per orang tanpa makan pagi


BANK
1. Bank Pembangunan Daerah (BPD), Jl. RA. Kartini Telp. (0748) 21716 Sungai Penuh
2. Bank Negara Indonesia 1946 (BNI '46), Jl. Basuki Rahmat Telp. (0748) 21180 – 21233 Sungai Penuh
3. Bank Rakyat Indonesia (BRI), Jl. Jend. Sudirman No.3 Telp. (0748) 21312 – 21320 Sungai Penuh

Alamat Penting
1. Dinas Pariwisata Kab. Kerinci, Jl. Doponegoro No.01 Telp. (0748) 324070 Sungai Penuh
2. Kantor Pos, Jl. Jend. Sudirman Telp. (0748) 21108 Sungai Penuh
3. Rumah Sakit Umum Daerah RSUD), Jl. Arga Selebar Daun Telp.(0748) 21018 S. Penuh
4. Taman Nasional Kerinci seblat, Jl. Arga Selebar Daun No.11 Telp.(0748) 22250 S. Penuh
5. Lembaga Kebudayaan dan Pariwisata Kerinci Jl. Jend. Sudirman Telp.(0748) 21249 S. Penuh
6. Eco Cultura Development Travel  Desa Kersik Tuo Rt. V Dusun III No.19 Kec. Kayu Aro.
7. Gayatry Tourism Guidance, Telp. (0748) 21146 Jl. K. H. Wahid Hasyim No.5 S. Penuh.


Jika berbicara wisata alam, Kerinci memiliki beraneka ragam tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat tersebut antara lain :

1. Gunung Kerinci (Gunung tertinggi kedua di Indonesia : 3.805 mdpl)
 
View dari perkebunan teh
Gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah pegunungan di Papua. Juga gunung tertinggi di Pulau Andalas (sebutan lain untuk P. Sumatera) dan tertinggi di Indonesia untuk gunung dengan kategori masih aktif ini, secara administratif terletak di desa kersik tuo, kab kerinci, berjarak 49 Km dari Sungai Penuh.

2. Danau Gunung Tujuh


Danau ini terbentuk karena letusan Gunung Tujuh pada ratusan tahun silam.
 Secara ilmiah danau Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi dimasa lampau. Danau terindah di Kerinci ini berada di ketingggian 1.996m dpl dan merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara.


3. Perkebunan Teh Kayu Aro dengan luas 3050 Ha

Berada ketinggian lebih dari 1500 mDpl
Perkebunan teh Kayoe Aro dirintis antara tahun 1925 hingga 1928 oleh perusahaan Belanda, Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging Amsterdam (NV HVA). Perkebunan teh ini tercatat sebagai perkebunan teh tertua di Indonesia.


4. Air Terjun Telun Berasap
 
Sangking Derasnya aliran air, jadi seperti ada asap di bawah.
 Air terjun ini menyuguhkan keindahan aliran air melewati tebing terjal (+50m) dan hempasan curahan air pada bebatuan yang mengeluarkan bunyi gemuruh dan butiran air seperti asap sehingga menimbulkan warna-warna pelangi.




5. Sumber Air Panas Semurup

Bisa buat rebus telor dan pisang... :p
 Terletak 9 Km dari ibukota Kabupaten Sungai Penuh tempat ini dapat dijadikan tempat pemandian air panas alami. Air panas yang keluar dari perut bumi merupakan hasil kegiatan vulkanik, dengan luas permukaan lebih kurang 15 km2 membentuk sebuah kolam kecilyang selalu mengepulkan uap.


6. Panorama Bukit Kayangan

Taman Bukit Kayangan - Sungai Penuh
Melihat pemandangan dari ketinggian Kota Sungai Penuh, Danau Kerinci, Gunung Kerinci, hamparan sawah yang membentang dan desa-desa tempat tinggal penduduk tertata di sepanjang pinggiran bukit hijau. Di Taman Bukit Khayangan kita dapat pula mendengar suara -suara siamang dan kicauan burung yang saling bersahutan pada pagi hari dan sore hari.


7. Danau Kerinci


Anak - anak sedang maen air di Danau Kerinci ::  Bambang W
Memiliki luas 4000 Ha terletak pada ketinggian 783 mDpl. Danau ini terletak 16 Km dari ibukota Kabupaten Sungai Penuh.


Selain 7 wisata yang saya sebutkan diatas masih ada yang tidak kalah menariknya adalah  Taman Nasional Kerinci Seblat dengan beraneka ragam flora dan fauna di dalamnya. Kerinci juga memiliki pernik budaya yang sangat luar biasa, selain ada Mesjid Tuo Pondok Tinggi yang bisa anda kunjungi. Uniknya adalah pembangunan mesjid seluruhnya tidak menggunakan paku sebagai bahan penyambungnya.

Masjid Agung Pondok Tinggi

Biasanya setiap tahun Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci menyelenggarakan event wisata yang berskala Nasional yaitu Festival Danau Kerinci. Jika anda beruntung berwisata ke Kerinci bertepatan dengan event Festival ini, anda bisa menyaksikan masyarakat Kerinci berpesta dengan melakukan upacara Kenduri Sko (Kenduri Pusaka), dalam upacara ini dipamerkan beberapa benda-benda pusaka yang dimiliki oleh masyarakat Kerinci. Pada upacara itu juga anda akan disuguhkan oleh tarian Rentak Kudo yang dilakukan oleh masyarakat Kerinci.

Sebagai oleh-oleh dari Kerinci jika anda sempat berkunjung kesana, anda bisa membawa buah tangan untuk keluarga anda di rumah dengan jajanan khas Kerinci seperti dodol kentang, kopi luwak, teh kayoe aro dan kacang kincai khas Kerinci.

Dodol Kentang Kerinci

Kopi Luwak Sultan Kerinci

Teh Kajoe - Aro

Yuupss, bagaimana sobat.. Indah kan alam kita, Alam Indonesia. Lukisan alam yang diciptakan oleh sang pencipta. Khusus wisata alam Kerinci akan saya review lebih detail sekali lagi di postingan berikutnya. Sekarang selayang pandang dulu tentang Kerinci - Bumi Alam Sakti.

Ayoo sebentar lagi liburan nih, kalau ada yang mau ke Jambi ajak - ajak saya yaa,, biar sekalian pulang kampung.. Hihi.. Happy Weekend sobat sekalian.



17 Komentar:

Untje van Wiebs said...

Menarik banget ya ternyata Jambi...
Hm,
masnya tuh orang bogor apa jambi, btw? :D

tito Heyziputra said...

@una: kak una ayo klo berminat jalan2 k jambi, hhe. Aku orng Indonesia yang lahir di Jambi, tp skarang lagi skolah di Bogor. Hhhe

Asep Saepurohman said...

wah seabreg begitu keindahan jambi.
salam kenal mas. saya follow dulu blognya :)

tito Heyziputra said...

@asep: mangga sep difollow, hhe. Bnyak keindahan tersembunyi di Indonesia. Titip mochi dong sep dr sukabumi, hhe

Yunda Hamasah said...

Belum pernah ke Jambi walau dekat dari Palembang, ternyata elook nian yoooo...

Ini hasil bidikannya benar-benar memukauuu...

tito Heyziputra said...

@yunda: salam kenal yo ibu, kito tetanggo dekat nih, dialeg dan kuliner hampir samo jambi -palembang.. ayok skali-kali maen k jambi. Hhhe

Djangan Pakies said...

komplit sekali Kang, alam dan panoramanya sungguh menggoda saya, sayangnya jauh tempatnya.
Semoga ini menjadi bermanfaat penjelasan untuk kesanapun sangat komplit memudahkan pecinta perjalanan.

tito Heyziputra said...

@ompakies iya om, saya saja yg tinggal d jambi,blum semua nya saya datangi,,, biayanya ingat dulu sewaktu jalan2 ksana om, dengan revisi harga skrang,,hhe

CatatanSurya said...

Hi tito, salah satu wish list ku di tahun 2012 adalah menyusuri Jambi dari Ujung Jambong or dr tanjung jambung timur sampai kerinci. Terutama pulau berhala. Thanks ya infonya secara detail menuju pulau berhala. Tulis info lagi yang banyak tentang jambi yaaaa

tito Heyziputra said...

@cat.surya: oke2 insyaALlah dilanjutin, masih banyak yg blum d posting, lagi banyk kgiatan akhir tahun ini..
senang ada yg mau keliling jambi. Salam kenal

CatatanSurya said...

To, penginapan yang dekat perkebunan teh kayo aroe ada ga yaa? Soalnya enakan nginap di pedesaan euy.

tito Heyziputra said...

@cat.surya: kak klo mau aku kasih kontak dengan blogger dari kerinci yo,,, biar lebih asoyyyy

Bella Apriliani said...

bagus nian bang. pernah sekali k kincai. tp waktu sd. jd udh lupo" ingat. sumbe air panasny t masih ado y bang ampe skrg?

tito Heyziputra said...

@bella: yupps saya jg ksana terkahir sma kurang lebih 5 tahun yg lalu.. hhe. Masih ada sih klo air panas nyaa

edo armando said...

sy sk k krinci wlw cm sekali ksna. .tp pen nambah lg . Cwe,a itu loh wew. . Mantab . . Bening2 , putih2 mirib amoy2 korea. . . Wow mantab kota,a sejuk dingin pula. . . slm kincai. .

Alva Altera said...

Cari-cari soal Kerinci eh nyangkut sini. Lengkap neeh keterangannya, sip! Tapi sekadar nambahin, ada juga novel bersetting Kerinci. Judulnya RAHASIA SUNYI. Bumi Kincai di novel itu dikesankan begitu magis. Adem. Merinding, pokoknya.... :D

zaid fityan said...

luar biasa yg bikin blognya, mantab da.. jadi pngen mudik kekerinci-kayu aro

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}