Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Trip to Paris van Java - Refreshing dulu (part 2 - finish)

Hallo sobat blogger semua, apa kabarnya?? semoga selalu dalam keadaan yang fit dan total sehingga semua urusannya lancar. Oke baiklah hari ini saya mau melakukan sebuah pekerjaan yang sebenarnya sunnah tetapi belakangan menjadi wajib karena desakan dan rayuan orang2 disekitar. Apa pekerjaannya? apa lagi klo bukan meng-Update isi angkringan saya ini. Ga enak dan malu sama sobat yang sudah bolak balik kesini tapi halaman nya ga ganti - ganti. Semoga ga capek ya bacanya, agak panjang sedikit nih sob. Hehehe  ƪ(˘.˘)ʃ.

Sesuai judul, postingan ini adalah lanjutan cerita dari postingan sebelumnya Trip to Paris van Java. Karena dua postingan ini adalah liputan kuliner dan wisata, dinikmatin aja yaa..Sebelum jalan - jalan kita makan dulu, isi perut sebentar. Karena di Bandung wajib makan yang namanya siomay dan Batagor. Sebenarnya ada dua yang terkenal yaitu Batagor Kingsley dan Batagor Riri. Tapi saya lebih memilih ke Batagor Kingsley. 
Okey next stop >>
3. Batagor Kingsley. Jalan Veteran No. 25, Veteran, Bandung, Jawa Barat

Batagor Kingsley - Bandung
Kenapa batagor kingsley, entahlah mungkin hanya sugesti tapi saya lebih nyaman dan enak kalau datang kesini. Selain rasanya batagor yang memang nendang, ada hal2 lain yang membuat saya tertarik. Seperti ada live music, tetapi bukan dari penyayi2 kafe gitu. Tapi dari seniman2 senior  disana, bukan ngamen sambil berdiri ya, mereka disediakan tempat duduk dan nyanyi dsana... Okey cekidot..


Selain batagor, menu utama di sini adalah mie yamin/bakso karena sebenarnya toko ini dahulu hanya menjual mie yamin sebelum beralih ke Batagor. 

Satu porsi Batagor Kingsley
Kliatan kan bumbunya, eehmmm yummy.
Selain batagor dan mie yamin, ada juga es sekoteng yang dijajakan di depan tempat makan ini. Lumayan untung menemani makan batagor kingsley apalagi panas2 kyak siang hari. Juara... 


es skoteng - baagor kingsley
Atau klo masih penasaran, ada yang namanya es bungsu. Lokasinya ga jauh kok deket2 batagor Kingsley juga, sebelahan sih.. hahha. Es yang awalnya dikenal dengan nama sekoteng bungsu ini sudah eksis sejak tahun 1962. Sudah cukup berumur untuk ukuran manusia. Namun demi menjaga keaslian rasanya, Es Bungsu 29 ini tidak membuka cabang di mana pun, hanya di Jalan Veteran yang dulunya bernama Jalan Bungsu. Karena itu, es campur tersebut dinamai es bungsu.

Es Bungsu - Jl. Veteran No. 52A Bandung

Jl. Babakan jampang, cibuni
Ciwidey, West Java

Kenyang icip - icip santapan khas bandung, sekarang saatnya mw jalan - jalan. Kali ini gw pengen ke lokasi wisata alam, Kawah Putih di Ciwidey. Karena menurut gw, tempat ini tuh eksotis banget, indahnya gunung tangkuban perahu masih kalah sama nih tempat (skali lagi mnurut gw yaa..). Okey yuuk kita liat ksana..

Pintu masuk ke areal kawah putih

Batu selamat datang.

Karena ga keliatan, ini gw tulis sejarahnya yang ada di photo atas, semoga menambah wawasan. (kyak lagi karyawisata smp aja, hahaha)..

LEGENDA KAWAH PUTIH

Gunung Patuha konon berasal dari nama Pak Tua atau ”Patua”. Masyarakat setempat sering menyebutnya dengan Gunung Sepuh. Dahulu masyarakat setempat menganggap kawasan Gunung Patuha dan Kawah Putih ini sebagai daerah yang angker, tidak seorang pun yang berani menjamah atau menuju ke sana. Konon karena angkernya, burung pun yang terbang melintas di atas kawah akan mati.

Misteri keindahan danau Kawah Putih baru terungkap pada tahun 1837 oleh seorang peneliti botanis Belanda kelahiran Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) yang melakukan penelitian di kawasan ini. Sebagai seorang ilmuwan, Junghuhn tidak mempercayai begitu saja cerita masyarakat setempat. Saat ia melakukan perjalanan penelitiannya menembus hutan belantara Gunung Patuha, akhirnya ia menemukan sebuah danau kawah yang indah. Sebagaimana halnya sebuah kawah gunung, dari dalam danau keluar semburan aliran lava belerang beserta gas dan baunya yang menusuk hidung. Dari hal tersebut terungkap bahwa kandungan belerang yang sangat tinggi itulah yang menyebabkan burung enggan untuk terbang melintas di atas permukaan danau Kawah Putih.

Karena kandungan belerang di danau kawah tersebut sangat tinggi, pada zaman pemerintahan Belanda sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwavel Ontgining ‘Kawah Putih’. Kemudian pada zaman Jepang, usaha tersebut dilanjutkan dengan nama Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey yang langsung berada di bawah penguasaan militer Jepang.

Di sekitar kawasan Kawah Putih terdapat beberapa makam leluhur, antara lain makam Eyang Jaga Satru, Eyang Rongga Sadena, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha yakni Puncak Kapuk, konon merupakan tempat pertemuan para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Konon, di tempat ini terkadang secara gaib terlihat sekumpulan domba berbulu putih yang oleh masyarakat disebut domba lukutan.

Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Air di danau kawahnya dapat berubah warna, kadangkala berwarna hijau apel kebiru-biruan bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu. Paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atas permukaan kawah. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih, oleh karena itu kawah tersebut dinamakan Kawah Putih.

Okey langsung kita intip photo2nya.. bukan narsis tapi biar eksis.. (" `з´ )_,/*(>_<'!).. hahhaha



Ini nih photo gw dan temen2 yg lain, akhirnya bisa narsis d blog sendiri. Hhahha


ayu - yogi - chacha - tito


Btw, kita udah temenan dari kelas  1 SD loh, jadi klo di hitung - hitung udah 15 tahun kita temenan. Semoga bisa trus jadi sahabat sejati kyak lagunya SheilaOn7, wkwkwkk. Amieenn.. 

Okey, dari kawah putih segini dulu, kita lanjut lagi bsoknya. hihihi... ƪ(˘.˘)┐ ƪ(˘.˘)ʃ ┌(˘.˘)ʃ
Jl. Tubagus Ismail - Bandung

Besoknya, setelah puas jalan dan photo2 di kawah putih. Gw mw makan dan icip - icip kuliner lagi. Yaah namanya juga refreshing kan. Jadi harus bnyak - bnyak makan.. (Loh, ga ada hubunganya.. :ditabok).  Hari ini mw makan mie ayam yg beneran pake ayam, dan minum es duren yg beneran isinya duren (udah dikupas ya durennya). Kata si yogi sih mending ke tongkrongan dia di jl. Tubagus Ismail dan  utk referensi gw langsung cek ke tempatnya om Banyumurti, eh beneran ada. Tanpa pikir panjang langsung cabuutt..

gw ngabisin 2 porsi, abisnya lagi lapar berat.. hahaha

gambarnya comot dari om banyumurti, keasikan makan lupa poto2.

Jl dipatiukur, Bandung, Jawa barat

Udah malam lagi nih sob, saatnya cari tempat buat makan malam. Dari kemaren belum menyentuh nasi (belum sebakul maksudnya, :LOL), jadi malam ini mau cari makan yang pake nasi. Kebetulan temennya si Yogi punya pondok Pecel Lele di dekat UNPAD, jadi sekalian makan dan maen2 ksana lumayan menambah pergaulan. 

Jl. Diponegoro, Bandung

Malam terakhir, di Bandung diajakin ikutan nongkrong di depan GASIBU Bandung. Gw disini bukan mau ikut2an nongkrong bareng klub motor atau mobil yang rame disekitar gasibu kalau malam. Tapi kebelet mau ngerasain Sumur alias Susu Murni. Disini semua olahan minuman dibuat dari susu murni., mulai dari yang panas seperti susu murni, kopi susu, wedang susu atau yang dingin seperti es susu, coklat susu, dll. Ehmm gini - gini gw penggemar susu loh, bawaan lahir sepertinya.. wkwkwkk. Karena sudah malam, jadi kamera HP saya ga kuat deh jeprat - jepret photo, lagian ga enak diliatin orang poto2 sembarangan. : LOL

sumber : http://azuya.multiply.com/reviews/item/37

sumber : http://azuya.multiply.com/reviews/item/37
Kuningan Raya, Bandung

Yuuppss ini hari terakhir, dan merupakan tempat terakhir yang didatangi selama di Bandung. Biasa sebelum balik ke Bogor, kita harus makan dulu. Supaya nanti di jalan ga kelaparan dan selamat sampai di Bogor. Kali ini mau makan yang ada sayurannya, dari kemaren makan yang aneh2. Biar netral lagi dan kaya serat vitamin (korban iklan nih kata2nya.. ) Hhaha



Yah sekian dulu deh cuap2nya ya.. semoga tidak membosankan. Kalau photo2nya kurang banyak, maklum belum punya DSLR jd blum bisa jepret2 seenaknya, kalau kata2nya kurang enak dibaca maklum baru blajar nulis belum sejago blogger2 lain. Selamat menjalani aktivitas di akhir hari Jumat ini, Happy Weekend dan Enjoy Blogwalking. 

Warm Regards,

19 Komentar:

☺☺☺ said...

waaaaaaaaaaaaaaaah enak! hahaha tapi gue pernah tuh ke batagor kingsley. asli cuma ngotorin gigi doang. porsi ga banyak. harga minta ditendang T.T riri cobain deh. enak juga loh ;p gue sih prefer ke riri karena harganya masih bersahabat sama kantong anak muda kaya gue (baca: kere) ;D

Huda Tula said...

T.E.G.A

aku sama temenku di sini meleleh ngeliat itu batagor ma si es bungsu (foto yang di atas ma yang di bawah, kameranya beda yak?)

pemandangan di kawah putihnya juga keren... hohoho

siip!

Gaphe said...

haha.. mana Mambo-nyaa.. #tetep nanyain

yumilah yumiwati tuh batagor dari bentuknya.. aih, emang bandung tuh surga kuliner..

hemm.. saya pernah nyobain Sumur yang di Lembang. Sama sate kelinci di jalan raya lembang - bandung.. plus ketan bakar saus oncom..

humm... beneran, kangen bandung.. belom pernah ke kawahj putih juga di ciwidey.. >.<

John Terro said...

saya suka sekali cerita tentang Gunung Patuha
itu menunjukkan bahwa orang Indonesia masih percaya klenik :P

tito Heyziputra said...

@ata: iya sih ta' klo urusan harga riri 9rb/porsi lebih nampol ktimbang kingsley yang 24rb/porsi.

(satu potong batagor di kingsley = 6rb.).. Sama aja kok dua2nya, beda harga sih...

@HudTuL: hahahaha meleleh, es krim dong bang. iya photonya beda, ada yg dari temen.
Kawah putih emang keren deh..

@gaphe: hahahha Mambo ga ada phot2nya nih, woooo SUMUR lembang lebih nampol sebenarnya krna fresh from sapi... Ayo kita kopdar di ciwidey. wkwkkw

@JT iya bang, untung ada bule yg nekat nerobos hutan, klo ga mungkin sampe sekarang ga ktmu tuh kawah putih..

Ami said...

Waktu ke Bandung tujuannya lain sih... aku mau berencana ke Bogor kapan-kapan, eh siap tau diajakin jalan-jalan juga, hehehe...

Brigadir Kopi said...

wahhhh enak banget itu brooooo

Djangan Pakies said...

kok ada es skoteng ya, biasanya yang saya pernah coba skoteng disajikan hangat.
btw, tripnya bener-bener manteb

☺☺☺ said...

haelah sepotong 6000. kalo gue beli yang dipinggiran jalan, 6000 udah kenyang tooooo hahahahah lagian ga jauh beda kok rasanya. paling bedanya kalo dipinggir jalan suka tanpa sengaja nemu gigi abangnya diantara tumpukan kuah batagor (oke ini curcol)

tito Heyziputra said...

@om pakies: iya om, di sediakan juga yang dingin, kan biar adem makanya sama batagor, wkwk

@ata preeettt, lo tuh ya, curcolnya coba yg enak dikit, gigi abgnya lah pake di bawa2, jadi males makn batagor pinggir jalan, wkwk

asfarian said...

Ciri-ciri foto kuliner yang bagus adalah dapat membuat penikmatnya merasa lapar.

Dan saya merasa lapar :D
Mantap

tito Heyziputra said...

@auzi thanks gan...

Nyayu Amibae said...

assalamualaikum dik...

hoalaaah.. sudah lama ga ke sini, sekali datang langsung dihidangkan gambar2 yang bikin ngiler... ler... ler.... wkwkwkwk

Rubiyanto Sutrisno said...

Asik banget nih kayaknya ....?

Merliza said...

kenapa saya belum pernah dapetin batagor yang paling maknyus ya?!?!? selalu aja dapet yang adem :(

☺☺☺ said...

serius gue to, gue pernah nemuin itu gigi udah masuk di dalam mulut gue. beneran apes T.T

tito Heyziputra said...

@nyayu iya kakk, apa kabar nih.. sok mangga di plototin gambarnya.. hihi

@merliza: ehmmm makanya coba ke bandung mbak, btw "adem" tuh maksudnya??

@ata: yeeee... itu brarti mang udah nasib lo jelek.

Majalah Masjid Kita said...

sekalian nih, saya juga boleh refreshing sebentar sambil duduk di pojokan baca keseluruhan ceritanya :p

Ajeng Sari Rahayu said...

es bungsunya aku pingin nyoba >.<

seru ihh jalan2nya, huft ...Kawah Putih

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}