Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Stereogram - Keajaiban 3D permainan mata.

Malam ini suasananya memang enak banget buat berleha - leha di kamar kosan. Gimana ga' dari pagi (02.00am) sampe tadi selepas sholat Isya (06.30pm), Bogor tepatnya daerah kampus IPB Dramaga dilanda hujan hampir seharian. Jadi males mau keluar dan ngapa2in. (alesan aja, emang pemales nih - (" `з´ )_,/*(>_<'!) )

Karena itu iseng - iseng buka direktori di komputer, hingga akhirnya masuk ke folder >> My Pictures. Ngeliatin photo - photo, gambar editan hasil Phot*shop, ngebacain komik hasil downloadan. Sampe akhirnya nemu lagi folder dengan nama "Stereogram". Langsung aja dibuka dan liatin lagi satu persatu koleksi "pictures" di dalamnya. Terus apa bedanya folder ini dengan folder lainnya kalau hanya berisi gambar.

Yuupss, folder ini sedikit berbeda dengan folder lainnya yang berisi gambar - gambar dan photo. Folder ini berisi gambar - gambar atau file dengan efek 3D (stereogram). Jadi, butuh waktu dan perhatian khusus sewaktu ingin melihat gambar - gambar di folder ini. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan dan contoh - contoh langsung stereogram.
Stereogram adalah sebuah gambar acak/random dengan tekstur model berulang berbentuk gambar latar yang tidak beraturan. Tetapi dibalik gambar latar yang tidak beraturan itu ada image 3 dimensi yang sungguh berbeda dengan image 2 dimensi. Kita akan dibawa ke suatu ruangan yang akan membuat kita merasa dalam kondisi real (tidak di depan gambar).
Dan untuk perbedaan secara detail tentang stereogram mampir kesini, atau maen ke wikipedia.

Stereogram adalah ilusi optikal dari depth/kedalaman yang diciptakan dari gambar 2 dimensi, pada awalnya stereogram merupakan sepasang gambar stereo yang dapat dilihat menggunakan stereoscope. Tipe lain dari stereogram termasuk anaglyphs dan autostereograms. Stereogram ditemukan oleh by Charles Wheatstone pada tahun 1838. Ia menemukan penjelasan mengenai penglihatan binocular yang menuntunnya untuk membuat streoscope dari kombinasi dari prisma dan cermin yang memungkinkan seseorang uneuk melihat gambar 3 dimensi dari gambar 2 dimensi. Stereogram dipopulerkan kembali oleh kreasi autostereogram dengan computer, dimana gambar 3 dimensi disembunyikan dalam 1 gambar 2 dimensi, sampai yang melihatnya memfokuskan pandangannya secara benar. The Magic Eye Series adalah contoh populer dari autostereogram, buku ini mengasosiasilan autostereogram sebagai stereogram, sehingga membuat orang2x percaya bahwa stereogram sama dengan autostereogram. Salvador Dali menciptakan stereogram yang menakjubkan dalam eksplorasinya pada varietas dari ilusi optikal.

Cara mendapat image stereogram sbb:

1.Dekatkan gambar didepan kira-kira 5 cm depan wajah, jangan sampe nempel loh.
2.Kosongkan pikiran, lalu kaburkan pandangan dengan jalan jangan memperhatikan detail gambar latar.  Contohnya misal kalo kita membaca tulisan di koran yg kecil2, jangan lihat detail huruf demi huruf, tapi lihat tulisan sebagai garis2 yang saling terhubung.
3.Lalu jauhkan gambar secara perlahan sampe kira-kira 20cm, tahan gambar.
4.Tetap kaburkan pandangan, jangan sampe berkedip, apabila berkedip ulangi langkah 1.
5.Bila sudah berhasil melihat sebagian image, geser pandangan ke seluruh image secara perlahan, agar terlihat image 3 dimensi secara utuh.

Kalo masih juga belom berhasil, perbesar gambar (dengan paint/photoshop,picture viewer) lalu coba lagi langkah2 diatas, jangan terburu-buru. Sediakan juga obat tetes mata, kalau belum bisa juga berarti mata anda bermasalah sob. (hehehhehe...ƪ(˘⌣˘)┐ ƪ(˘⌣˘)ʃ ┌(˘⌣˘)ʃ )

Okeh deh, ini langsung gambar - gambar nya, ditebak ya detail atau gambar apa yang tersimpan di balik background - background stereogram ini....

Gambar 1.
silahkan di donload aja biar lebih enak liatnya di viewer, atau di zoom browsernya.

Gambar 2.

Gambar 3.

Ini nih salah satu favorit gw, keren kalau udah bisa liat.
 
Gambar 4.
buat yg cow pasti suka sm yang satu ini.
Gambar 5.
yang terakhir ini ada pesannya.
 
Nah segitu dulu ya, silahkan di jawab gambar - gamabr apa aja yang ada pada stereogram  diatas. Sebagai klu pada gambar pertama ada gambar orang, tapi ga tau wanita atau pria. Jadikalau udah pada bisa nanti gw upload lagi yang lain, atau kalau ga silahkan search aja di Om google buanyaak banget kok. Hehhe.
Kalau yang udah mahir dan mw coba - coba nge-buat sendiri gambar stereogram bisa maen - maen ke situs berikut ini : Easy Stereogram Builder. Bye bye... Happy Blogging. Di tunggu Jawaban sobat semua...

9 Komentar:

Gaphe said...

bisa liat.. yang gambar pertama, itu ada gambar satu orang kan?..

gambar2 dibawahnya cuman jadi lebih ke 3D, nggak ada motif apa-apa.. yang terakhir tuh kalo nggak salah tulisan, tapi nggak tau bacanya apaan.. ada 3 baris gitu..

saya suka beginian sejak kecil, dulu ada buku stereogramnya, bahkan berseri itu.. dan sering dijadikan tantangan dulu2an nebaak. seruu.. sampe mata juling2. hahaha

tito Heyziputra said...

@gaphe: gambar pertama bener orang, dikasih tau deh, cew lagi stengah jongkok. Gambar 2 - 4 ada gambarnya juga. hayoo ditebak lagi..
Yg ke5 bener ada tiga baris tulisan, lumayan gede kok. Di coba lagi bro..

Huda Tula said...

nomer satu saya malah negliat orang main gitar, hahahaha (apa gue yang ngarang yak?)

gambar 2-5 sukses membuat kepala saya pusing...

saya coba besok lagi deh, hehehe,

tito Heyziputra said...

@hudTul: wah masih incorrect bang, wkwkkw... yg pertama itu bener orang tp ga maen gitar.. hihii

YeN said...

setengah mati aku mengosongkan pikiran dan mengaburkan pandangan, tapi masih tetep jelas aja.. :(

tito Heyziputra said...

@yen: di plototin aja mbak, sampe mata kyak mw kabur... jgan di fokusin lagi klo udah mw kabur.. Klo bisa satu kesini nya pasti gampang

Anonymous said...

Gambar 1: wanita setengah jongkok, tangan kanan dan kirinya membawa anggur.
Gambar 2: tiga kelinci melompat membentuk formasi seperti logo "ubuntu".
Gambar 3: laba-laba
Gambar 4: wanita memegang bola sambil menginjak seorang lelaki.
Gambar 5: tulisan "MOHON MAAF LAHIR & BATIN"

Anonymous said...

ga ngerti. udah gue terawang, gambarnya malah keliatan ndobel. jadi dua gitu. ah, kayaknya mata gue ni yang salah.

bruari rahmadi said...

keren, dah di jawab semua. laba2nya keren abiz

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}