Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Ferrite Beads "Jendolan" yg Misterius

Halo apa kabar semua sobat blogger, semoga selalu sehat agar bisa tetap maen dan berkunjung ke sini, hehehe. Hari ini saya mau cerita dan berbagi sedikit informasi. Berhubung efek obat dari Rumah Sakit Malas masih bekerja nih, jadi semangat buat ngeBlognya masih menggebu - gebu. (sambil bawa - bawa gendang biar makin menggebu - gebu, hahhaha).

Kali ini saya sebenarya mau sedikit mengulas tentang sebuah benda misterius yang sebenarnya sering kita jumpai. Tidak terpikir sebelumnya untuk mengulas benda misterius ini, karena saya pun sering tidak merasakan kehadirannya. Benda ini tiba2 menjadi perhatian tadi sore, ketika ada sebuah 'message'  masuk dari adek kelas saya. Inisialnya ZN, tapi sayang dia ga mau dan rela namanya dipajang disini (padahal kan dia bisa numpang beken klo namanya ada disini, hahaha... ). 

Si ZN ini tentunya seorang wanita, makanya saya menjadi sedikit bersemangat untuk membaca sms nya (klo dari cow, munggkin agak lama di bacanya, hahaha OOT :ngakak,,,,). Kembali ke topik, ternyata ZN ini mau minta tolong ke saya untuk mencari nama dan fungsi  dari sebuah benda berbentuk jendolan (bulatan) yang sering ada di perangkat komputer. Berhubung jurusan saya adalah IT, saya pun menjadi tertarik dan mencoba melihat contoh bendanya. Setelah dilihat gambarnya ternyata saya juga ga tahu apa nama tuh benda. Oh iya, biar ga penasaran, ini nih benda yang saya maksud "jendolan" misterius itu :

Sumber : http://www.tested.com/news/ferrite-beads-on-av-cables-how-do-they-work/1556/

Karena udah kepalang janji nolongin dan malu juga kalau ga tau, secara jurusan saya IT kok gini aja ga tahu. Saya langsung bilang, "tunggu 30 menit ya dek, kakak cari tahu dulu". Ternyata tidak mudah mencari mencari nama dan fungsi dari sebuah benda yang kita tidak punya clue -nya. Saya Dcoba bongkar - bongkar buku lama sewaktu kuliah "Organisasi Komputer" dulu, tapi nihil ga ada juga informasi tentang jendolan ini. Tanpa pikir panjang langsung saja saya buka browser dan mengetikan "google.com". Saya masukan keywords jendolan pada kabel listrik, dalam sekejap langsung keluar hasilnya. Tapi dari 15 artikel tidak ada yang tepat menjelaskan tentang benda misterius ini.

Lalu saya ganti keywords nya, sekarang coba ganti pake bahasa inggris supaya bisa mengindeks artikel dari luar negeri. "bumps at the end of computer cables" saya ketikan pada kotak eksekusi di paman google. Dan dalam beberapa detik keluar artikel yang bersangkutan. Alhamdulillah dari 15 artikel ada sekitar 7 yang pas mengena membahas benda misterius yang saya cari tadi. Dalam hati saya bertanya, masa sih ga ada satupun artikel dari indonesia yang memakai keywords "jendolan" sampe - sampe harus ganti pake bahasa inggris.. (atau memang bahasa saya yang aneh ya, jendolan.. Hhahahaa).

Ternyata jendolan tadi bernama "Feritte Bead", yaitu sebuah silinder Ferit berupa senyawa besi atau dikenal ferit tercekik. Silinder ini merupakan substansi semi magnetik yang terbuat dari oksida besi (karat) yang dipadu dengan logam lain. Silinder ini terbungkus plastik yang jika kita gunting terdapat silinder logam hitam di dalamnya. Jendolan ini berfungsi untuk mengurangi kebisingan dalam komputer, mengurangi EMI (gangguan elektromagnetik) dan RFI (gangguan frekuensi radio)

sumber >> http://industrialcomponent.com/usbstuff/3dalugkit.html

Karena pada dasarnya komputer adalah perangkat yang cukup berisik, maka pada frekunsi rendah Feritte bead adalah induktor komponen yang menyimpan energi di dalam medan magnet. Pada frekuensi yang lebih tinggi, berfungsi sebagai resistor. Sehingga untuk gangguan sseperti suara frekuensi tinggi sepanjang perjalanan ke kabel komputer akan hilang dan berubah menjadi panas, digunakan di ujung kabel sehingga Feritte bead bisa mengurangi kebisingan. Untuk jenisnya pun bermacam-macam, ada yang kecil untuk dipasang pada PCB sebagai bagian dari rangkaian. Klo yang besar ukurannya dirancang untuk pergi melewati kabel, ini dapat menyelinap melalui kabel sebelum terpasang colokan.

Nah buat adek ZN semoga postingan ini membantu ya (pasti klo lagi baca, hidungnya kembang kempis gara2 nyesel namanya ga mau disebut. hahahha).  Ehmm ralat, ternyata 5 menit lalu si ZN bersedia namanya di publish. Namanya panjangnya Zhaqia Nova, anaknya agak bawel tapi ngangenin sihh.. hahha. Buat sobat - sobat yang lain, semoga menambah pengetahuan kita ya, karena saya juga baru tahu nih,, hehhe. Happy Reading ya, bye..bye..

Sumber Asli :
http://www.tested.com/news/ferrite-beads-on-av-cables-how-do-they-work/1556/
http://computer.howstuffworks.com/question352.htm
http://industrialcomponent.com/usbstuff/3dalugkit.html




8 Komentar:

Brigadir Kopi said...

nice inpo mas, btw apa kabr ?? maaf jarang berkunjung ya mas,awas mas cinlok sama si ZN ....=)) kaburrrr

Gaphe said...

woalah, saya juga baru tau itu namanya ferrite beads plus fungsinya buat apaan..

punya sih kabel data yang begituan, dan sempet ngebuka isinya ternyata lipatan kabel doank..

jadi mulanya saya pikir cuman pemberat aja sih.. biar gak gampang goyang-goyang. hahahaha

Ami said...

mumpung lagi pake kompie jadi bisa komen. tx infonya... pasang sekalian fotonya ZN, status gimana tuh... biar nanti yang nanya jadi banyak untuk sumber postingan...

Huda Tula said...

ooooo..

makasi atas tambahan ilmunya. saya ngiranya tuh cuman asesoris doang malah, ga ada apa-apa di dalamnya. heheeh

☺☺☺ said...

cieee siapa tuuuh hahaha! gue juga ga pernah tau itu apaan to. ah jangankan jendolan itu. nama-nama lainnya juga gue ga tau. yang penting make ~.~

Rose said...

Ahayyy kirain kabel apaan To..baru tahu fungsinya...

Ferdinand said...

Hem... dulupun aku gak tau itu namanya Ferrite Beads... perasaan dosen IT juga jarang yg ngasih tau deh klo itu namanya Ferrite Beads, terakhir aku tanya2 ponakanku dia bilang Orkom jg yg diajarin bukan yg kaya gituan hhe...

wah mantabz bgt deh nie nanya bentar udah langsung dikasih penjelasan hhe..

Oiya maaf baru bisa nongol lagi Sob.. aku baru blogging lagi hhe..

Semangat N Happy blogging :D

Ajeng Sari Rahayu said...

o, jendolan tadi punya fungsi tho...kirain asal nyangkut aja di kabel :D

bagus2 ini To infonya :)

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}