Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Mbah Jingkrak - Nuansa desa di tengah kota.

Sesuai janji  tadi sore di Crays Invitation Surprise, malam ini saya mau posting lagi cerita tentang kegiatan weekend kemaren. Akhir pekan kemaren saya sedikit sibuk, tapi bukan sibuk2 yang menderita (ex: sibuk skripsi (-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩___-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩-̩̩̩)  hikss), melainkan sibuk keliling Jakarta. Berawal dapat telephone dari Om (a.k.a paman, uncle, uwak, bukan "om-om" yaa sobat) yang sedang tugas di Jakarta, saya diajak buat nemenin keliling Jakarta. Berhubung kepala lagi mumet, dan "bete" juga klo weekend terkurung di kosan, saya menerima ajakan tersebut dengan SANGAT senang hati. 

Tentunya keliling Jakarta ini, bukan seperti jalan - jalan karyawisata anak SD yang minta di anterin ke Monas, Museum Perjuangan, TMII, TIM, Seaworld or Dufan. Melainkan jalan - jalan menghabiskan liburan akhir pekan saja, cari - cari tempat makan, tempat nongkrong, ikutan car free day, mengunjungi rumah - rumah sodara, sampe kepada acara mancing bareng. Pokoknya yang bersifat kekeluargaan deh, bukan buat keliling  belanja atau "karyawisata".

Postingan malam ini saya mau cerita bagian cari - cari tempat makan, karena dah lama kayaknya saya ga posting tentang wisata kuliner. Hehehe... ~('.'~)(~'.')~  Kenapa wisata kuliner, karena hampir semua orang suka jalan - jalan dan makan. Jadi semoga postingan ini bisa menghibur dan menjadi informasi tambahan bagi semua sobat Tito's Weblog. Okey, klo begitu tanpa panjang lebar lagi lagsung saja, Cekidot : !!!

http://www.mbahjingkraksetiabudi.com/

Jl. Setiabudi tengah No. 11
Setiabudi - Jakarta 12910
Mobile. +62 21 818 072 09 848
Telp. 021-525 2605,

Pengen nyari suasana makan yang berbeda, keluar dari pengaruh makanan junkfood dan fastfood tetapi tetap memiliki citarasa yang mantabh!!!, akhirnya saya memutuskan untuk makan di Warung Makan Mbah Jingkrak. Kebetulan outlet barunya sudah pindah di daerah setiabudi deket Four Seasons Hotel, jadi ga perlu jauh - jauh maen ke daerah bulungan.

Bagi yang belum tau, saya jelasin deh sedikit. Mbah Jingkrak adalah nama restoran yang menyajikan masakan tradisional Jawa yang bener-bener seperti masakan rumahan di kampung,  warung makan dengan cita rasa khas Jawa tetapi dengan sentuhan yang penuh kreativitas, menghasilkan  cita rasa hidangan yang sungguh berbeda dan belum pernah dirasakan sebelumnya. (pesan sponsor - heheehe). Dengan dekorasinya yang 'tradisional', agak 'ndeso', baik dari sisi perabot maupun pemajangan pernak pernik antiknya. Berikut dikutip dari situs resminya mbah jingkrak, warung makan aja ada situs resminya, keren ga tuh.. :p

Berakar dari konsep rumah kuno yang berdiri tahun 1959 beratapkan sirap dengan luas keseluruhan 800 m2. Hadirnya konsep alami jawa dapat dirasakan pada bagian dalam warung dengan saratnya nuansa hijau pepohonan, gazebo, kursi serta meja kayu dengan ditemani gemericik air mancur dan alunan merdu tembang jawa. Seiring dengan sirnanya cahaya mentari, keheningan malam, lampu temaram dan konsep romantis juga dihadirkan untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan...Have fun and enjoy :)
Baiklah langsung intip2 dikit penampakan warung makan mbah jingkrak, yang saya jepret2 kemaren ditambah beberapa koleksi dari situs resminya..:

si mbah lagi jingkrak
makanan di sajikan prasmanan
Sewaktu masuk ke dalam area warung makan, kita akan langsung dihadapkan dengan berbagai macam lauk pauk yang disediakan secara prasmanan. Perlu diperhatikan beberapa makanan disini memiliki citarasa "puedaas" yang nampol. Jadi klo yang tidak terlalu suka pedas, bisa tanya ke pelayan menu mana yang tidak terlalu pedas. Karena saya penggemar masakan pedas, tentu saja saya langsung memesan menu yang sudah terkenal pedas. Saya memilih tiga jenis masakan utama :

Ayam WEWE, sambal hijau nya.. ehhmm




Sayur Mangut Tahu, kuahnya dong...



Terakhir sambal iblis sebagai pelengkap, katanya pedas gila!!!, olahan tempe dan cabai. mari kita coba nanti.


Pokonya satu ruangan utama hanya untuk memilih lauk pauk apa yang akan kita makan, setelah menentukan pilihan, pesanan akan di antar belakangan. Saatnya kita masuk ke ruangan berikutnya dan mencari tempat duduk untuk menyantap makanan tadi. Dari pertama kali masuk, kesan antik sudah di tampilkan. Bnyak perabot unik dan agak "aneh" untuk berada disebuah rumah makan. Yukk kita liat satu persatu.
bukan cuma satu, ada 3 buah motor antik yang ada didalam warung makan ini.
Koleksi botol - botol kecap
Untuk konsep ruang makan, ada beberapa bagian ruangan. Mulai dari konsep seperti jepang, barat, wayang2an, sampe ke outdoor disediakan (ini saya sendiri yang mengkatagorikan...)

ruangan dengan rema roler skate
ruangna penuh dengan topi
Ruangan wayang...
Sudah mulai di luar (outdoor), ada koleksi rokok2 d ujung dinding.
Lukisan di dindingnya artistik kan...
Dan yang terakhir adalah spot favorit saya, di dekat kolam dan langsung ga ada atapnya, full outdoor. Di meja dengan hiasan uang2 lama, keren deh ide interiornya.

saya duduk tepat di kursi besi pinggir kolam..

kolam diisi bola - bola dan mainan anak2.

agak terganggu sedikit klo ada anak2 yg sedang main d dekat kolam

Okay, sekarang saatnya kembali ke meja kita sendiri dan menunggu hidangan datang. Semoga tidak mengecewakan, rasa masakannya harus sebagus dan seCozy tempatnya...

saya sengaja memilih meja ini, unik aja rasanya, haha

Menu pilihan tadi disajikan dalam piring2 lebih kecil. Paling bawah ada ayam WEWE, disampingnya sambal iblis.

Dari menu diatas, saya memilih es Jujur..
Dan ini dia si es Jujur, Kelapa muda, selasih, jeruk nipis.

Yak dan dari skala 0-100, I give them 78point. Mau diberi 80 tapi masih ada yang mengganjal. Salah satunya adalah porsi menurut saya. Hehheee, masalah klasik orang - orang seperti saya. Dengan kisaran harga sekitar 80rb mungkin porsinya "sedikit kurang" jika di bandingkan dengan rumah makan padang. Tapi, overall CAKEP, rasanya enak, tempatnya sangat2 asik, dan yang paling berkesan rasa sambel IBLIS nya nampol bang. Sebagai HOT CHILI LOVERS, sambel2 dan rasa disini pas dilidah saya. Ga terlalu manis seperti rata - rata masakan jawa.


Sumber : 
http://www.mbahjingkraksetiabudi.com/
http://noelontherocks.blogspot.com/



27 Komentar:

Gaphe said...

belom pernah kesana.. suasananya sekilas mirip banget sama di pondok cabe.. tapi lebih "njawani" kayaknya. Dan sebenernya, kalo gw emang lebih seneng masakan begituan daripada yang instan. Makanan rumahan emang nggak ada duanya deeh.. ayam wewenya bikin ngiler :(

ReBorn said...

hadeh...
serius deh, gue pengen banget kesana... saatnya searching. ghehehe..

Rose said...

racikan nya sih mbah pedes2...

hoedz said...

wiiii .. ayam wewe nya kayaknya enak tuh ..
eh iya To .. kenapa kok kolamnya itu boleh di cemplungi anak kecil gitu ya .. ?
kebayang dong kalo banyak anak kecil .. pasti basah semua ..

pengen cobain ayam wewe nya .... kalo sambelnya ntar dulu deh .. gak nahan bo' .....

Adi Chimenk said...

begini bentuknya resto mbah jingrak ini.. cewek gw sering cerita, tapi gw belum bisa ngebayangin gimana bentuknya...

anjirrrr,,,ngiler dah gw..!! tanggung jawab lo..! hahaha

Huda Tula said...

oooo kirain mbah jingkrak itu ga ada cabang2nya. di jogja sini ada juga si....

YeN said...

:glup: *nelen ludah
ayam wewe.sambel ijonya ga nahan.. T___T

tito Heyziputra said...

@gaphe: yoyoi mas bro, hommy bget dah, nyaman dan kenyang dah klo ksana...

@reBorn: iy bang, kan lo dah jd AGJ skrng, so mesti maen2 k stiabudi ya.. bnyak ank kosan yg cantik2, haha

@rose: asli rose, pedesnya bikin kuping jadi merah,, hahah

tito Heyziputra said...

@hoedz: wah kolamnya ga boleh berenang, tapi ada games ngelempar bola, jadi bocah2 pada heboh.. hhaha. Yahh enak loh sambelnya...

@chimenk: yahhh lo sm Raja, sesama udah jd AGJ harus maen ksana, gampang kok aksesnya.. haha

@huda: iya da, ada d jakarta jg, klo ga salah semarang juga ada..

tito Heyziputra said...

@yen: wah klo lagi maen ksini, ayoo kita ksana lagi, gw juga nagih sm sambel ijo nya.. haha

i-one said...

wah,ampe belelehan nih liur,hehe..pernah nonton diwisata kulinernya bondan kayaknya.wah,mudahan bisa mencicipi makanan mbah jingkrak,deh...amin

ash said...

Saya baru nyobain yang di Magetan dan Jogja.
Puash!

Sang Cerpenis bercerita said...

wah, lengkap deh ulasannya. jadi mau ke sana.

Ajeng Sari Rahayu said...

ajakin saya ke sana To, huhuhu sambelnya deh..ngiler ih, saya kan penggemar yang pedhes2 :D


btw, kenapa milihnya yang deket balon2 gitu, Tito suka anak2 ya? atau Tito masih kek anak2? nah loooooooooo :D

tito Heyziputra said...

@i-one: secepatnya nya wan, harud dicicipi.. apa lagi klo domisili masih d jabotabek, akses nya mudah kok.. hehe

@ash: wah jadi pengen nyoba yg ke magetan dan jogja deh... haha, Btw trimakasih dan mampir mas..

@SCB: iya kak, hayo makan2 dan mampir ksana..

@Ajeng: hayooo maen ksini, ntar aku jd guide deh.. tapi kamu traktir makan y jeng, haha.. Wah klo boleh nyebur saya nyebur deh jeng, :LOL

dv said...

seru yah kynya tempatnya..interior antiknya bikin kangen kampung..

emm patut dicoba kynya nih :)

btw salam kenal yah..

joe said...

sepertinya mak nyusss, sayangnya saya tidak suka yang pedas-pedas

Halaman Samping-nya Inung Gunarba said...

mau cari oseng-oseng koro dan sayur lodeh. Nuansanya asek meski lazimnya harganya 'menyesuaikan' segmen yg agak tinggi qe3

Dwi said...

Sepertinya klasik dan unik banget tempatnya, dari nama menu makanannya aja aneh-aneh, gak kebayang es kolor ijo rasanya kayak apa.. :D

Meutia Halida Khairani said...

saya udah 2x kesana. kan deket kosan tuh. ini reviewnya detailll banggett. mantap bener mass...

serem2 tuh nama minumannya, tapi es pocong enak :D

pernah makan ayam rambut setan kalo ga salah.. sambal iblis tuh pernah saya makan abis buka puasa. gileee dehhh T_T

salam kenal ya, makasi udah berkunjung ke blog saya :)

tito Heyziputra said...

@dv: salam kenal yg bro... trimakasih sudah maen ksini, btw harus dicobain tuh. recomended deh..

@Joe: tenang jo... ada juga yg ga pedes, tinggal pilih kok., hhe

@mas inung: mas, apa kaabar, dah lama nih ga kliatan, hehe. Iya sih mbah jingkrak ga cocok buat kocek sy sbagai mahasiswa, haha

tito Heyziputra said...

@dwi: hahahha dirasain aaja rasanya, biar ga penasaran.. keke

@Mutia: wwooow kosannya d setiabudi juga, mang bnyak bgt kosan d sana. Pa lagi daerah2 komando, flamboyan, deket2 polsek, Salam kenal y mbak.

Aina said...

wooooo keren... gaul thu posenya Mbah Jingkrak...
emmm, menunya bikin ngiler dengan suasana yang "balik ndeso",,,

asfarian said...

Sambelnya keren tuh :D
Sedikit saja bisa bikin lidah kebakar
hehehe

sikucingbi said...

Huaaaa...
Jadi tambah laper *ngiler

aryadevi sudut kelas said...

memang enak makan sambil menikmati interior....konsep rumah makan yang menjanjikan....selain santapan juga ada nilai seni...bisa menambah rasa lapar....

Penghuni 60 said...

ada award sob utkmu, spesial dari Penghuni60, kalo gak keberatan diambil ya...
:D

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}