Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

HATI - HATI MODUS PENIPUAN BARU "TOLONG MATIKAN HP ANDA"

Darurat untuk semua sahabat Blogger.!!!!

Tulisan ini saya buat dengan maksud untuk menshare pengalaman yang barusan saja saya alami. Sehingga jika terjadi hal serupa sahabat blogger sekalian tidak panik dan tetap tenang.

1. Modus Penipuan !!! >> Pura - pura menyamar sebagai Polisi/petugas Rumah Sakit/Anggota Badan Narkoba
 
Barusan saja (pukul 21.00 WIB) saya di telpon oleh nomor tidak dikenal (jika tidak diangkat dia akan menelepon sampai 15x lebih.) yang mengaku dari Badan Narkotika Nasional. Dia ngomong panjang lebar dan meyakinkan kita klo dia sedang dalam tugas mengejar sindikat narkotika. Karena problem komunikasi no. saya dianggap menggangu komunikasi dia dengan kantor pusat. Dan dia akan MENYURUH KITA MEMATIKAN HP KITA KURANG LEBIH SATU JAM. Karena terpengaruh saya langsung mematikan HP saya. 

2. Modus Penipuan !!! >> Menelepon kluarga mengabarkan kita dalam keadaan kritis di RS.

Setelah saya termakan tipuan, dan mematikan HP. Dia (pelaku yang mengaku dokter ataupun petugas yagn berwenang) langsung menelepon kluarga saya d rumah. (Dalam kasus ini dia berani sampai menelepon ke Jambi). Dengan berbagai upaya dia meyakinkan keluarga (ibu) saya di rumah kalau saya kecelakaan dan di rawat di UGD. Karena tidak percaya ibu melakukan Crosscheck ke HP saya. Dan sialnya HP saya masih dalam keadaan mati tidak dapat dihubungi.

<Disini lah si pelaku mengambil keuntungan, jika orang tua yang langsung percaya dan termakan tipuan dia akan langsung mengirimkan sejumlah uang untuk menolong anaknya.>

Untungnya disini orang tua saya tidak langsung percaya, mereka (ibu dan bapak) mencoba menghubungi om dan tante saya yang ada di Bogor. Dan untungnya lagi, Alhamduliah saya sedang online di internet. Disini saya iseng bertanya kesalah satu teman blogger yang sedang chatting di internet, dan saya langsung ceritakan semua proses pada Modus 1. Dan tiba2 respon dari sobat blogger tadi langsung marah2. "eh to, buruan nyalain lagi hp lo, secepatnya itu PENIPUAN tau!!!!"

Dari sini saya langsung sadar dan mengaktifkan kembali HP saya, dan tanpa di tunggu sepersekian detik langsung masuk telpon dari orang tua saya. Mereka sudah sangat khawatir, dan saya jadi merasa malu. Kenapa begitu bodoh mengikuti perintah si pelaku. Akhirnya saya jelaskan semua ke orang tua. Dan Alhamdulillah mereka tidak khawatir lagi.

Jadi, berhati2 lah sobat semua. Zaman sekarang semakin banyak modus penipuan yang dilancarkan oleh2 orang yang berniat jahat. Mereka bisa saja orang dekat, ataupun orang lain yang sudah mengintai kita. JANGAN SEKALI  - KALI memberikan no HP anda kepada orang yang tidak dikenal.

Baiklah sahabat blogger, sekian pengalaman buruk saya yang baru saja terjadi malam ini (tepatnya satu jam yang lalu sejak postingan ini dipublish..). Semoga bisa menambah kewaspadaan sobat semua.
Wassalam, selamat malam.


NB: Special thanks to sobat Ata Notonegoro yang sudah menyadarkan saya. Thanks untuk peringatan keras lo yang tadi. I'm safe now!!


17 Komentar:

Ami said...

Yah, Alhamdulillah masih diselamatkan. Masih shock ya, deg-degannya kedengaran nyampe sini. Haha...

Huda Tula said...

HAAAA?
untung orang tuamu ga kemakan omongan orang itu begitu saja...

tito Heyziputra said...

@ami: iya bu tau aja, aku sih sock cuma krena ortu khawatir, tapi klo masalah tuh org jahat no comment dah..


@bang hud: hahhaha iya bang, ortu lgsung cek chat d ym.

Gaphe said...

itu orang canggih banget bisa dapet no telepon kamu sama no telepon rumah juga?.. ckck. berarti lo udah dikuntit lama To.

lagian, emang kalo ada gangguan komunikasi pake hape bisa langsung ketahuan nomor mana yang digunain?.. berrati komunikasinya disadap donk.. emang jelas nipu sih.

Noeel-Loebis said...

thank's infonya dan salam kenal..... udah difollow dan diharapkan loh folbacknya... heehe

☺☺☺ said...

wah kamu ga tau apa to kalo itu yang telpon aku? hahahahaha ;p take good care anyway ;)

tito Heyziputra said...

@gaphe: iya bro kliatan boongnya, tapi gw kan lugu makanya percaya. haha

@noel: yoi bro, makasih yak, lngsung ke TKP

@Ata: hahahha suara lo jdi sangar gitu d tpon.. haha

yayack said...

di sini bisa di bilang orang tsb ( pelaku) akan memanfaatkan orang2 yang lagi panik, orang panik kan suka bingung dan tidak berpikir panjang karena spontanitas. Untung saja orang tua lo lebih bijak artinya tidak terburu buru, ahirnya selamat.... Makasih share nya patut di jadikan pelajaran.

iam said...

Hmmm.. ada2 aja ya modus penjahat sekarang ini >.<

Brigadir Kopi said...

salam,wah wah tambah sinting modus kejahatan sekarang.. kalo boleh jujur ,demi Tuhan saya gak punya handphone .. hihihih ...

makasih infonya yupz

YeN said...

waaah...ati2 to..
makasih share-nya, bisa jadi peringatan buat kita2..

☺☺☺ said...

emang aslinya suara gue gimana? bukannya emang sangar ya? B-)

Ajeng Sari Rahayu said...

o, detailnya gitu.
Aku ada liat ditipi artis juga kena tipu kayak kamu To.

parahnya dia dah transfer uang banyak ke si penipu, jangan ampe deh...

syukur ya, ortumu ga langsung percaya.


semoga bisa dijadikan pelajaran hidup, agar bisa lebih waspada n' hati-hati :)

Rose said...

wah2 untung g sempat kemakan tapi pasti tu orang intervensif bgt bisa ngaruhin kamu..hmmm.memang harus hati-hati ya..

makasih infonya

tiwi said...

asswrwb... weleh2... makin kretiaf aja para penjahat skrg ya?..*sebel.... moga2 kita semua sll dilindungi n terhindar dr hal2 buruk..amin.

☺☺☺ said...

woi update dong. tau deh yang sibuk. semangka!

woro indriyani said...

hey tobito beruntung lo masih ada yg ingetin,aaaaaaaah gue tau itu dari lama to alhamdulillah belom pernah ngalamin hehehe ati2 to

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}