Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Rumah Sakit Malas - Ide Kapan Datangnya???

Agak berat memang untuk memulai lagi, setelah memutuskan untuk istirahat dan santai sejenak. Itulah yang ada dikepala saya 5 hari yang lalu, berencana untuk refreshing dan sedikit menjauh dari komputer. Jurusan Ilmu Komputer yang saya pilih mentakdirkan saya untuk 24 jam sehari, 7 hari seminggu didepan komputer (hahaha lebay sih, sisanya sebenarnya maen game sama chatting online...). Makanya terhitung dari hari jumat kemarin saya mengurangi kegiatan didepan komputer, perbanyak jalan2, keliling, muter, pokoknya ga duduk aja depan komputer. Dan jadilah masalah update mengupdate blog tertunda lagi.

my life is my keyboard.

Membuka komputer sesekali, untuk cek email dari dosen dan memoderasi komentar di blog. Gatal rasanya ingin membuat tulisan baru, untuk menanggapi komen2 yang ada. Atau sekedar blogwalking dan kasih komentar sok tahu di tempat sobat - sobat blogger (hehehhe). Tapi, ga tau kenapa tiba - tiba jadi ga bisa nulis, hasrat untuk menulis pun tak ada. Akibatnya beralih lah halaman dashboard di blogspot menjadi layar putih biru di facebook, ditambah dengan page longue di kaskus.

Bosen online saya mencoba kembali menlanjutkan reading novel Ranah 3 Warna (R3W) yang juga belum selesai, sesekali diselingi melihat paper dan jurnal dari ibu dosen pembimbing yang harus saya telusuri. Bab demi bab dari novel Ranah 3 Warna saya libas, dan akhirnya sampai juga di tengah - tengah buku. Halaman selanjutnya sudah ganti bab baru lagi, dengan semangat saya buka halaman tadi agar bisa melihat judul bab selanjutnya. Dengan font huruf yang lebih besar dan tebal, tertulis judul bab itu "Rumah Sakit Malas"

Yuupss, disini tokoh utama novel R3W ( Alif ) juga sama seperti saya, sedang terkena sebuah penyakit akut nan menular yang senantiasa hinggap di mahasiswa2 tingkat akhir seperti saya. Nama penyakit yang berbahaya ini adalah "M.A.L.A.S". . Alif sebagai mahasiswa perantauan harus berjuang menutupi biaya hidup dan kuliah di Bandung, dengan bakatnya yang suka menulis dia mencoba mengadu nasib sebagai penulis di koran - koran lokal dan nasional. Tetapi entah mengapa seminggu ini tidak ada ide yang muncul dikepalanya, hasratnya untuk menulis pun hilang, padahal kalau dia tidak menyetorkan tulisan ke redaksi koran maka dia tidak akan mendapatkan jatah makan minggu depan. Alif pun memutuskan untuk menemui senior sekaligus tutornya dalam dunia tulis menulis "Bang Togar", dia akan bertanya kepada bang Togar apa obat dari semua penyakitnya ini. Berikut saya petik pembicaraan yang terjadi di bab tersebut:

Alif : "Bang, pernah ga tiba - tiba ga bisa nulis?"
Bang Togar : "Pernah, tapi jarang sekali. Kenapa kau lg malas ya?"
Alif : "Ga malas sih, tapi ga bisa nulis seminggu ini.."
Bang Togar : "Sama saja itu, artinya kau malas. Jgan bnyak alasan-lah."
Alif : "Bukan malas bang, tapi aku kehilangan semangat, ide, dan muak menulis."
Bang Togar : "Itu tetap bagian dari malas, mana ada orang rajin kehilangan semangat dan muak "

Singkat cerita, Bang Togar mengajak Alif berobat ke rumah sakit untuk mengobati sakitnya. Dan dengan penuh kebingungan Alif mengikuti ajakan seniornya itu. Dalam hati Alif bertanya, "memang ada rumah sakit untuk orang malas". Rumah Sakit Malas seperti apa yang di maksudkan oleh bang Togar??
Rumah Sakit Malas..
Ternyata, setelah melakukan perjalanan mengelilingi Kota Bandung, mereka tiba di pinggiran kota. Mereka memasuki daerah pemukiman kumuh di kota Bandung, kotor, sungai hitam dihiasi limbah - limbah rumah tangga, tumpukan sampah disana - sini bersebelahan dengan rumah yang terbuat dari seng dan kardus bekas. Lalat - lalat hijau gemuk berterbangan mengelilingi kepala Alif. Dia bingung kenapa bang Togar mengajaknya kemari, yang dilihatnya hanyalah parade penduduk miskin yang mempertontonkan kehidupan mereka kepada Alif. Pria - pria dewasa dan remaja tanggung sibuk hilir mudik membawa besi yang ujungnya telah dibengkokkan, di ujung sungai kaum wanita sibuk menyuci, ada yang mandi, dan ada yang buang hajat.

Usut punya usut, akhirnya Alif mengerti kenapa dibawa ketempat ini. Disini bang Togar kembali memompa semangat Alif yang telah kendor, bak di suntikan adrenalin ke tubuhnya, semangat Alif kembali menyala dan berkobar. Tempat kumuh ini disebut bang Togar Rumah Sakit Malas, karena disini kita bisa melecut atau memarahi diri kita sendiri. Buat apa malas, kenapa harus malas, dan TAK PANTAS malas. Kita sebagai mahasiswa walaupun hidup jauh dari orang tua, makan pas - pasan, tapi masih bisa merasakan nikmatnya kuliah, menimba ilmu, bertemu teman - teman, tinggal di kosan yang utuh berdinding bata. Untuk apa mengasihani diri sendiri dengan sifat malas, toh sekarang di depan mata ada sekumpulan orang yang nasibnya jauh lebih menderita di depan kita. Kita yang masih hidup "enak" ini tak pantas untuk berMalas-malasan.
Sehabis membaca satu Bab ini, saya merasa tersindir. Saya seperti menjadi Alif yang sedang dinasehati oleh bang Togar. Kenapa harus malas, padahal semua fasilitas yang saya perlukan tersedia. Yah walaupun tidak mewah, tapi nasib saya masih beruntung bisa merasakan bangku kuliah. Saya harus buang jauh - jauh sifat malas ini. Akhirnya hari ini saya kembali ke depan komputer, duduk dan mulai menyelesaikan apa yang sudah saya mulai. Tadi pagi saya buka - buka komen di blog, telusuri link - link nya. Mulai mengunjungi lagi rumah sahabat - sahabat yang sudah meninggalkan jejak disini. Semangat saya untuk ngeBlog sudah kembali, tapi tetap "ide" itu belum kunjung tiba. Akhirnya saya memutuskan untuk jalan - jalan lagi ke rumah sahabat - sahabat yang lain.

Kemana kau ide, knapa tak kunjung datang??

Ada beberapa nasehat dari sahabat yang saya dapat ketika silaturahmi dan blogwalking, sahabat ini dengan sabar (paksaan, hehehe) memotivasi saya untuk segera membuat sebuah postingan baru. Saya sangat suka dengan kata2nya yang membuat saya mendapatkan sedikit pencerahan untuk postingan baru. Begini kira - kira "Jangan pernah nyari - nyari alasan buat satu hal yang lo sukain, klo memang lo stuck, ide buntu, Ya sekedar say hello aja apa salahnya? Hidup lo terlalu berharga klo cuma buat lo lewatin aja. Di bagi donk kisah2 menarik lo..." (yang merasa ngasih nasehat, ayo ngacung!!! Hahhha...)

Dan setelah membaca nasehat itu, saya langsung berjanji untuk membuat sebuah postingan baru sore ini. Dan alhamdulillah, tulisan ini adalah bukti klo saya telah menepati janji untuk membuat postingan hari ini. Terimakasih ya "Chub" buat masukannya. hahhaha #noOffense. Dan semoga sobat blogger yang lain bisa menikmati tulisan ini. Happy Blogging then....

21 Komentar:

☺☺☺ said...

huakakakakaaa! itu gue yang ngomong deh kayanya. asiiiiik. bagus tuh postingnya. kan gue bilang apa, dari yang lo lakuin pasti bisa jadi tulisan. dari kumpulan semua tulisan lo bisa jadi harta! suatu saat berguna dan sangat berharga. semangat nulis yaaa tet :D wohoooooo.

tito Heyziputra said...

@ata: muahahhaha gue suruh ngacung ya chub, bukan teriak2 gitu.. hhhaha. Btw thanks yak. Dan jgan suka galau loh bawa2 kata Ba****d lagi. Itu cm buat kita ga lebih sma dengan mereka. haha

☺☺☺ said...

biar sih gue teriak hahahaa ;p iyalaaah cuma emosi sesaat abis lama-lama kesel juga gue ~.~ tiap hari diusik mulu ck ck. makasih yaa tet ;D

Gaphe said...

hiyaa, udah ketauan kalo si ata satpam blog yang bilang.. chubby-chubby hahahaha..

tentang malas sepertinya semua ngalami.. kalo saya sebenernya bukan malas, tapi karena nggak ngedukung baik waktu sama sarananya sih.

kalo masalah ide, sebenernya banyak koq.. tinggal bagaimana melihat sesuatu itu dari sudut pandang lain.. kayak makan, mungkin bagi orang lain biasa.. tapi kalo dibahas dengan cara nggak biasa kayaknya juga banyak yang tertarik kan?

Ami said...

kebetulan lagi pake komputer.kalo make hp susah tuh komen di blog kamu. coba cek deh

Huda Tula said...

nice post....

(eh ini bukan nyampah loh). tapi emang nice post, daripada ninggalin komen sok tahu, heheheh

like it dah

tito Heyziputra said...

@gaphe: oleh - oleh mana?? hahaha. OOT dikit lah. Yupss bener kata lo, sebenarnya ide bsa dapat dr mana aja. Thanks buat sarannya, memang klo buat kuliner gw suka bnget.. haha

tito Heyziputra said...

@ami: iya yah bu... masalah theme ato cara penulisannya??? nanti akan saya coba, karena ga semua orang selalu pake komputer.. makasih ya bu sarannya..

tito Heyziputra said...

@huda: ahahhah makasih bang, ga nyampah kok, salam y buat yen. hahaha (gw yg nyampah,..)

Ajeng Sari Rahayu said...

berarti akhir-akhir ini aku malas juga dong, hmmm.

ya udah, ayo2 yang semangat nulis lagi...eheheh :D

Djangan Pakies said...

bener juga ya kadang kita berusaha nyari alasan alasan ndak jelas padahal sebenarnya ketika itu ide seperti ilang gitu aja. Pada bener kata Kang Gaphe banyak yang bisa kita post dari sekitar kita tergantung bagaimana kita meracik jadi menu yang maknyos

tito Heyziputra said...

@ajeng: ehm bisa jd malas, mari koreksi diri dan jdi lebih baik.. hhaha

@pakies: iya om, daripada cari kambing hitam, mendngan pikirin kedepannya gmana.. haha

Rubiyanto Sutrisno said...

he he, siapa tuh yang ngomong, jadi tersentuh juga ....

Sang Cerpenis bercerita said...

suer bukan aku lho yg kasih nasihat itu. suer deh. he he he

tito Heyziputra said...

@rubiyanto: iya bang, bagus kan kata2nya, anknya sih bawel bang, tp kata2nya dalem.. haha

@SCB: iya mbak, ga usah takut, aku ga nuduh kok.. hahhaha. Makasih udah mampir.

cahayabali said...

hehehe...jadi gitu yaa obat malasnya ?
saya juga punya penyakit malas yang rada akut nih, perlu ke rumah sakit juga kayaknya

♥chika_rei♥ said...

baca postingan ini kok chika juga jadi ngerasa tersindir yah^^

lagi super males banget nyentuh bahan skripsi >.<
dan bener chika jadi ketinggalan jauh nih :(

hoedz said...

hihihi .. risih ya kalo di datengin satpam Blog tiap hari ..
di omelin di blog ma Fb .. hahaha ..
ayo semangat ...
jangan sampe dapet surat tilang lagi dari satpam blog ..

Semangkaaa .. !!!

☺☺☺ said...

to, blog lo kalo pake hape ga bisa dibuka karena ada warningnya. heheh. coba lo buka blog lo pake chrome, jadi sejenis warning yang pernah masuk ke blog gaphe juga ;)

ica puspita said...

wah dibocorin cerita nih, padahal belon baca -_-"

ide itu bisa dimana aja kok. biar ga hilang ide, tips saya kemana2 jangan lupa bawa notes, ato klo punya PDA malah oke tuh.
apa yang dilihat langsung tulis meski secuil, kl ada waktu baru ketik di blog ^^

happy blogging

Brigadir Kopi said...

wah .. nanti apalagi kalo sudah benar2 terjun di dunia multimedia dan digital forensik ,penuh dengan dateline dan uber uberan waktu ..hehehe ..aku juga baru bisa blogwalking krn emang bener2 gak ada sedikit waktu pun untuk posting ..tetep semangat ya bang

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}