NAMA DAN TEMA
Kegiatan ini bernama “IT TODAY” dengan tema “IT for Your Life”.
DESKRIPSI KEGIATAN
IT TODAY 2010 akan diselenggarakan selama 9 hari. Kontent utama IT TODAY 2010 adalah sebagai berikut:
1. Seminar Teknologi
Waktu            : Minggu, 19 Desember 2010
Tempat           : IPB International Convension Centre
Peserta           :  Masyarakat Umum se-Jabodetabek
Deskripsi :
Merupakan suatu kegiatan berupa seminar yang terdiri dari 2 sesi. Seminar ini dibuka oleh sambutan dari Menteri Riset dan Teknologi yaitu Drs. H Suharna Surapranata, MT. Tema sesi pertama yaitu “Did Social Networking help us?” yang menghadirkan pakar tekhnologi dari Kementerian Riset dan Teknologi, Pakar Sosial yaitu ICT Watch, dan pakar Keamanan Jaringan Internet dari Pak Ono dan dimoderatori oleh Panji Pragiwaksono. Sedangkan seminar sesi 2 mengenai “New Technology : Cloud Computing” yang menghadirkan pembicara dari Microsoft Indonesia dan dimoderatori oleh Pembawa Acara di E-Life Style Metro TV yaitu Ferly Junandar. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan para peserta lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk mempermudah kegiatan sehari-hari.
2. Workshop “Animasi Presentasi menggunakan Flash”
Waktu                        : Sabtu, 11 Desember 2010
Tempat           : Laboratorium Ilmu Komputer IPB
Peserta           : Mahasiswa S1 IPB Dramaga
Deskripsi          :
Merupakan suatu kegiatan berupa workshop mengenai “Bagaimana membuat animasi untuk presentasi menggunakan Flash” dengan pembicara dari majalah “Concept IT”. Workshop ini dibagi menjadi 2 sesi dalam satu hari. Setelah mengikuti kegiatan ini, peserta diharapkan dapat membuat animasi yang menarik untuk diaplikasikan dalam kegiatan akademik maupun non akademik.
3. IPB Searching Competition (ISC)
Waktu                        : Minggu, 12 Desember 2010
Tempat           : Auditorium Andi Hakim Nasoetion
Peserta           : Mahasiswa S1 IPB Dramaga
Deskripsi          :
Merupakan suatu kegiatan berupa kompetisi antar individu dimana peserta akan diberikan pertanyaan-pertanyaan kemudian peserta mencari jawabannya menggunakan Search Engine secara cepat dan tepat. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh pihak BING Microsoft Indonesia mengenai Searching Optimization. Setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat lebih mudah dalam melakukan pencarian yang menggunakan Search Engine di Internet.
4. Bazaar “Community In Action (CIA)”
Waktu                        : Senin – Jum’at, 6-10 Desember 2010
Tempat           : Koridor FEMA IPB Dramaga
Peserta           : Mahasiswa IPB Dramaga
Deskripsi          :
Merupakan kegiatan Bazaar yang menampilkan hasil-hasil karya Komunitas HIMALKOM(Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer) IPB dan memberikan pelayanan serta konsultasi kepada para pengunjung mengenai Software. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Mahasiswa IPB lebih mengenal Komunitas di HIMALKOM dan hasil-hasil karya Komunitas HIMALKOM menjadi lebih bermanfaat. Sponsor berpartisipasi dalam kegiatan ini.
5. Kompetisi Penulisan Karya Ilmiah bidang Teknologi Informasi
Waktu            : Sabtu, 18 Desember 2010
Tempat           : Auditorium Toyib Hadiwijaya IPB
Peserta           :
-  Mahasiswa se-Indonesia
-  Siswa SMA/SMK/sederajat se-Indonesia
Deskripsi          :
Merupakan kompetisi penulisan karya Ilmiah tentang ide-ide tekhnologi dan informasi yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Karya Ilmiah akan diseleksi oleh dewan juri dari Menristek kemudian para finalis akan mempresentasikan karya ilmiahnya di depan dewan juri. Para pemenang akan diumumkan pada acara puncak IT Today yaitu di akhir Seminar. Melalui kegiatan ini, Mahasiswa Ilmu Komputer IPB diharapkan dapat mengaplikasikan ide-ide yang telah dibuat oleh para peserta dalam kehidupan nyata.
6.Temu Ilkomerz
Waktu            : Sabtu, 18 Desember 2010
Tempat           : Taman Pascasarjana IPB Baranangsiang
Peserta           :
-  Alumni Mahasiswa Ilmu Komputer IPB
-  Mahasiswa Ilmu Komputer yang masih aktif
-  Dosen Ilmu Komputer IPB
Deskripsi          :
Merupakan suatu kegiatan untuk mempertemukan Alumni-alumni Ilmu Komputer IPB berupa sharing dan hiburan. Kegiatan ini diharapkan dapat memupuk rasa kekeluargaan antara alumni Ilmu Komputer dengan mahasiswa Ilmu Komputer yang masih aktif serta dengan dosen.
6.Bazaar Akbar Akhir Tahun
Waktu            : Senin-Minggu, 13-19 Desember 2010
Tempat           : Balai Kota Bogor
Peserta           : Masyarakat Umum Kota Bogor dan daerah sekitarnya
Deskripsi          :
Merupakan suatu kegiatan berupa Bazaar Sponsorship dan kerjasama yang terdiri dari 4 bagian yaitu Bazaar Buku, Bazaar Pakaian, Bazaar Komputer, dan Bazaar Makanan Minuman serta Obat-obatan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme masyarkat Bogor dan sekitarnya terhadap kegiatan IT TODAY.
6.Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Ilmu Komputer IPB 2010
Waktu            : Sabtu, 18 Desember 2010
Tempat           : Ruang Seminar Ilmu Komputer
Peserta           :  Mahasiswa Ilmu Komputer S1 yang aktif
Deskripsi          :
Merupakan suatu kompetisi untuk menentukan Mahasiswa Berprestasi Ilmu Komputer 2010 dimana setiap angkatan departemen Ilmu Komputer harus mengirimkan perwakilannya di lomba ini. Dewan Juri yang terdiri dari 3 orang Dosen Ilmu Komputer dan satu orang dari HIMALKOM akan menguji kemampuan peserta melalui karya tulis dan tes lisan. Kegiatan ini diharapkan dapat memilih Mahasiswa Berprestasi Ilmu Komputer yang berkualitas untuk mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi IPB.