Pages

Tito's Weblog on Mobile

Hello, Welcome to Tito's Weblog

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
An undergraduate student in Bogor Agricultural University | Majoring in Computer Science | Writer and Programmer | Readings, Swimming, Travelling, Games, Photography, Music, Art, Movie is My passions.

Esensi Sebuah Komentar

Dalam mengelola sebuah blog apa yang sebenarnya dicari, menjadi penulis dengan tulisan yang bermanfaat, atau sekedar mencari page rank dari mesin pencari??? Mana yang sahabat pilih??  Sebenarnya dua hal ini bisa dilakukan bersamaan, dengan menulis artikel atau tulisan yang bagus dan bermanfaat dengan sendirinya akan menarik blogger lain untuk mampir dan memberi komentar. Hal ini akan menaikan page rank dan rating traffic di Blog kita.(walaupun banyak hal lain untuk menaikan  page rank). 



Komentar dalam dunia blogging menurut saya sangatlah sakral, karena komentar bisa sebagai respon balik dari tulisan yang kita tulis, ataupun sebagai tanda kalau blog kita sudah dikunjungi oleh blogger lain. Dari komentar inilah akan muncul sebuah forum yang akan membahas tulisan kita. Tentunya hal ini akan mengarah ke hal positif, selain menambah ilmu sang empunya Blog, juga temen - temen blogger yang memberikan komentar. Banyak teman - teman melakukan tips dan tricks agar postingannya mempunyai banyak komentar, mulai dari menentukan judul yang menarik, hingga membahas kategori yang lagi Hot. Itu dari segi isi tulisan, ada juga yang mensiasati dari segi tampilan. Blog dibuat semenarik mungkin, sehingga menarik orang untuk berkomentar (hal ini mungkin yang berkembang menjadi trend blogwalking, hanya sekedar melihat - melihat tampilan blog lain). Dengan banyak script html yang beredar di internet, blog kita bisa dipercantik dengan berbagai macem aksesoris. Salah satunya adalah gadget chatBox. Disini pengunjung diberi kemudahan untuk meninggalkan pesan atau sekedar salam perkenalan malalui sebuat kotak chatting, dengan satu kali klik pesan singkat tersebut akan tampil pada kotak chat. Yang nantinya bisa dilihat dan di bales oleh empunya Blog. Sangat mudah dan simpel bukan, tidak perlu menunggu moderasi pesan anda akan langsung di tampilkan. 

Contoh ChatBox

Semenjak adanya kemudahan chatBox ini jugalah freukensi komentar pada blog saya menurun, lebih banyak teman - teman blogger yang hanya meninggalkan komentarnya disini atau sekedar "say Hello" dan tukeran link. Karena itu banyak juga bolgger yang memilih untuk tidak memasang "aksesoris" ini diblognya.

Dari hasil blogwalking yang saya lakukan, ada satu cara unik yang dilakukan oleh bloger asal yogyakarta. Blogger ini membuat sebuah "Semi Kontes" di blognya, bagi siapa yang memberikan komentar yang bermanfaat pada tulisannya akan mendapatkan sebuat souvenir. Dan tidak tanggung - tanggung souvenir ini dikirimkan langsung kepada pemenang kontesnya. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di BungEko[dot]com. Berikut ada syarat - syarat dari semi kontes tersebut, berniat silahkan kunjungi blognya..

syarat pada blog BungEko
Dari sini saya menarik kesimpulan, bahwa komentar yang bermanfaat menjadi hal yang lebih penting dari sekedar ucapan say hello, ataupun Blogwalking. Dari sinilah kegiatan bloging menjadi lebih bermanfaat dan berasa faedahnya, selain mendapatkan kenalan juga menambah ilmu. Berikut saya tambahin tips berkomentar yang baik. (dari http://adabisnis.com) Karena sembarangan komentar pun sekarang bisa dituntut. Hehehhe
1. Gunakan Nama dan Gravatar yang Konsisten
Gunakan Nama dan Gravatar secara konsisten (tidak berubah-ubah) sehingga setiap pembaca bisa tahu identitas kita dengan cepat sehingga, nama sahabatpun akan semakin populer dengan banyaknya komentar di berbagai blog.

2. Tulislah komentar sesuai dengan Topik Artikel

Sebelum memberikan komentar, ada baiknya jika sahabat membaca terlebih dulu artikel tersebut. Jangan hanya memberikan komentar SPAM! Contoh:  “Artikel yang Anda tulis menarik. Saya menemukan jawaban yang selama ini saya cari. Thx yach. Kunjungi blog saya balik. ” Ini sebetulnya contoh komentar SPAM yang diperhalus. Buatlah komentar yang lebih baik dari hanya sekedar ucapan terima kasih, yaitu memberikan solusi dan informasi tambahan atas artikel yang ditulis.

3. Tulislah Komentar yang Berbobot dan Unik
Sahabat juga pasti tahu bahwa tulisan seseorang mencerminkan siapa dirinya. Jika hanya berkomentar yang tidak bermutu, itu akan membuat persepsi orang terhadap kita juga jelek. Sebelum berkomentar, pikirkan terlebih dahulu apakah yang ditulis berbobot apa tidak. Kalau memang tidak ada ide untuk berkomentar, lebih baik tidak usah. Sahabat boleh memberikan komentar yang berisi persetujuan atas komentar sebelumnya. Tapi lebih baik jika Sahabat juga memberikan komentar yang unik dari yang lainnya. Jadilah diri sendiri.

4. Berilah Komentar yang Positif
Adakalanya seseorang memberikan komentar yang kontroversial, seperti menyerang pemilik blog maupun orang lain, yang tujuannya adalah untuk menarik perhatian dlsb. Hal ini malah justru akan menjadikan boomerang bagi diri sendiri. Persepsi orang terhadap kita jadi ikutan negatif juga.

5. Jalin Hubungan Yang Baik dengan Pemilik Blog
Lebih enak bukan kalau kita berkomentar dengan blog yang kita sendiri kenal dan akrab dengan pemiliknya. Teruslah konsisten menulis komentar di setiap artikel yang ada di blog sahabat Anda.

Baiklah sahabat mungkin sekian dulu, cukup panjang juga postingan saya hari ini, semoga bermanfaat.
Best Regards,

5 Komentar:

tiwi said...

hmmm,kl aku komen ya pas kebetulan ada yg 'nyambung' antara bahan postingan dg yg ada di pikiranku saat itu, kl pas ga ada yg 'nyambung' ya...ora komen,..he3...piss tito,..

om rame said...

kaLau saya justru tidak memasang chatt box, bertujuan agar pengunjung terfokus pada tuLisan atau tidak hanya sekedar wara-wiri dengan tuLisan yang tidak jeLas. tetapi apapun pendapat yang Lain terserah, yang penting saLing menghormati dan menghargai masing-masing persepsi.

terima kasih sob atas sharenya, bermanfaat bagi saya yang masih newbie di dunia bLogging. saLam kenaL.

tito Heyziputra said...

@ mbak tiwi:

wah monggo mbak, klo nyambunng ya komentar, klo ga senyum - senyum ajah.. hehehe.

maksih kunjungannya, mbak tiwi top visitor nih...

secangkir teh dan sekerat roti said...

ane sih senang banget komentar..
ya kadang berbobot kadang juga gak, hehehe..

ane anti juga koment via SM...

Ummiega said...

Saya berusaha mengikuti trend yang berkembang pada semua kalangan blogger tentunya selagi membawa manfaat bukan mudorot, dan kitapun belajar menghargai semua prinsip yang ada.

Followers

My Goodreads Books

Remarchtito's bookshelf: read

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter
Galau Remaja di SMA
Un giorno, viaggiando... The Lonely Planet story
JJS: Jalan-Jalan Seram!
Drakuli Kuper
Dari Jendela SMP
Interview With The Nyamuk
Lupus Returns : Cewek Junkies
Belenggu
Rumpi Kala Hujan
Topi-topi Centil
Yang Paling Oke
Cinta Olimpiade
Lupus: Sendal Jepit
Bangun dong, Lupus!
Tragedi Sinemata
Kutukan Bintik Merah
Makhluk Manis dalam Bis
The Lost Boy: Salah Culik
Lupus Kecil


Remarchtito's favorite books »
}